BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Oppo Reno8 Series Akan Mendapat ColorOS 13, Berikut Kecanggihan yang Bakal Didapat Pengguna

Kompas.com - 10/10/2022, 11:45 WIB

KOMPAS.com – Kabar baik bagi pemilik Oppo Reno8 Series. Seri smartphone ini akan mendapatkan sistem operasi (OS) Oppo terbaru, yakni ColorOS 13, mulai September 2022.

Smartphone pertama dari seri tersebut yang mendapatkan ColorOS 13 adalah Oppo Reno8 Pro 5G. Kemudian, Oppo Reno8 5G akan mendapatkan pada Oktober 2022 serta Oppo Reno8 Z 5G dan Oppo Reno8 pada Desember 2022.

Oppo sendiri telah melakukan sejumlah pembaruan pada OS penerus ColorOS 12 itu, baik dari aspek fitur maupun desain. Dari sejumlah pembaruan, hal paling menarik untuk dikulik adalah Dynamic Computing Engine yang disematkan Oppo pada ColorOS 13.

Dynamic Computing Engine pada ColorOS 13 diklaim dapat membuat kinerja smartphone dalam membuka antaraplikasi semakin smooth dan lancar. Tak ada lagging yang disebabkan oleh over allocation resource dari hardware. Namun, benarkah demikian?

Baca juga: Gandeng Nicholas Saputra di Film Terbarunya, Riri Riza Beberkan Pengalaman Bikin Film Pakai Oppo Find X5 Pro 5G

Pusat komputasi tingkat sistem Oppo

Untuk diketahui, Dynamic Computing Engine merupakan pusat komputasi tingkat sistem. Platform teknologi canggih ini menggabungkan perangkat keras dan lunak untuk menghadirkan kinerja yang efisien dan lebih optimal.

Adapun pusat komputasi tersebut mengoptimalkan empat teknologi komputasi, yaitu Parallel Computing, High-Performance Computing, Device-Cloud Collaborative Computing, dan Intelligent Computing, Dynamic Computing Engine.

Pada ColorOS 13, Dynamic Computing Engine menggunakan Computing Power Model dan Parallel Computing Engine untuk mengalokasikan sumber daya perangkat keras atau hardware secara efektif dan akurat.

Pada ColorOS 13, Dynamic Computing Engine menggunakan Computing Power Model dan Parallel Computing Engine untuk mengalokasikan sumber daya perangkat keras atau hardware secara efektif dan akurat.Dok. Oppo Indonesia Pada ColorOS 13, Dynamic Computing Engine menggunakan Computing Power Model dan Parallel Computing Engine untuk mengalokasikan sumber daya perangkat keras atau hardware secara efektif dan akurat.

Computing Power Model diklaim mampu menjadwalkan sumber daya (instruction-level resource scheduling), baik dalam central processing unit (CPU), graphics processing unit (GPU), dan double data rate (DDR) secara akurat sehingga smartphone dapat bekerja dengan lebih efisien.

Baca juga: Menilik Keandalan Performa Oppo Reno8 Pro 5G untuk Produktivitas dan Akses Hiburan

Berkat teknologi tersebut, setiap kali smartphone menjalankan game atau membuka kamera, CPU hanya perlu berperan sebagai "asisten" dan tidak perlu melakukan alokasi sumber daya untuk menjalankan fungsi tersebut.

Dengan begitu, resource allocation yang berlebihan dapat dihindari sehingga dapat mengurangi konsumsi daya dan memperpanjang masa pakai baterai.

Adapun Parallel Computing Engine dihadirkan untuk memberi pengalaman yang mulus saat smartphone bekerja pada penggunaan berat dan multitasking. Komputasi paralel ini menjadi solusi dalam memecahkan konflik alokasi memori.

Untuk itu, ColorOS mengadopsi desain mikrokernel canggih yang menjalankan operasi alokasi memori dan pengambilan kembali memori secara paralel. Dengan membagi memori yang terkunci menjadi blok yang lebih kecil, CPU dapat bekerja lebih optimal untuk menghasilkan lebih sedikit waktu jeda.

Baca juga: Resmi Dijual di Indonesia, Oppo Reno8 Pro 5G dan Reno8 Z 5G Tawarkan Performa Tinggi dan Desain Premium

Fitur canggih lain pada ColorOS 13

Berbekal Dynamic Computing Engine yang membuat kinerja smartphone semakin efisien, ColorOS 13 pun menghadirkan fitur Multi-Screen Connect. Fitur ini bisa mendukung produktivitas penggunanya karena dapat mengoneksikan perangkat Oppo Reno8 Series 5G dan Oppo Pad Air, atau antara Oppo Reno8 Series 5G dan laptop.

Berkat teknologi Dynamic Computing Engine, setiap kali smartphone menjalankan game atau membuka kamera, CPU hanya perlu berperan sebagai asisten dan tidak perlu melakukan alokasi sumber daya untuk menjalankan fungsi tersebut. Dengan begitu, resource allocation yang berlebihan dapat dihindari sehingga dapat mengurangi konsumsi daya dan memperpanjang masa pakai baterai.
Dok. Oppo Indonesia Berkat teknologi Dynamic Computing Engine, setiap kali smartphone menjalankan game atau membuka kamera, CPU hanya perlu berperan sebagai asisten dan tidak perlu melakukan alokasi sumber daya untuk menjalankan fungsi tersebut. Dengan begitu, resource allocation yang berlebihan dapat dihindari sehingga dapat mengurangi konsumsi daya dan memperpanjang masa pakai baterai.

Multi-Screen Connect juga dilengkapi fitur Oppo Share. Dengan fitur ini, transfer file antarperangkat menjadi lebih cepat dan nyaman tanpa harus menggunakan data seluler.

Oppo juga memberikan sejumlah fitur canggih lain pada ColorOS 13. Untuk pengalaman interaktif, Quantum Animation Engine dapat meningkatkan efek animasi yang lebih nyata dengan menambahkan detail ekstra dan model gerakan canggih yang membuat interaksi ColorOS lebih mulus.

ColorOS 13 juga memperkenalkan Behavioral Prediction yang dapat mengenali dan memprediksi input yang diinginkan pengguna saat dua gerakan layar sentuh dibuat satu demi satu. Hal ini berfungsi untuk mencegah konflik antara dua operasi sehingga pengguna bisa merasakan interaksi yang lebih halus dan intuitif.

Baca juga: Sedang Tren, Bisakah Flagship Smartphone Digunakan untuk Membuat Video Sinematik Prewedding?

Guna meminimalkan konsumsi daya, ColorOS 13 juga memiliki fitur bernama LTPO 2.0. Teknologi ini dapat mengurangi refresh rate di Always-On Display menjadi hanya 1 Hz sehingga menghasilkan pengurangan konsumsi daya hingga 30 persen di aplikasi tertentu.

ColorOS mengadopsi desain mikrokernel canggih yang menjalankan operasi alokasi memori dan pengambilan kembali memori secara paralel. Dengan membagi memori yang terkunci menjadi blok yang lebih kecil, CPU dapat bekerja lebih optimal untuk menghasilkan lebih sedikit waktu jeda.Dok. Oppo Indonesia ColorOS mengadopsi desain mikrokernel canggih yang menjalankan operasi alokasi memori dan pengambilan kembali memori secara paralel. Dengan membagi memori yang terkunci menjadi blok yang lebih kecil, CPU dapat bekerja lebih optimal untuk menghasilkan lebih sedikit waktu jeda.

Hal itu memungkinkan pengguna untuk melakukan personalisasi Always-On Display tanpa harus khawatir masa pakai baterai ponsel.

Dari aspek keamanan untuk menjaga privasi, ColorOS 13 memiliki fitur Pixelate yang dapat secara otomatis mengaburkan gambar profil dan nama pengguna pada tangkapan layar percakapan. Adapun fitur Private Safe juga telah diperbarui dengan enkripsi file AES sesuai standar industri.

Sebagai informasi, Oppo juga akan terus mengembangkan Dynamic Computing Engine dalam sistem ColorOS mendatang dan memberikan dukungan yang lebih kuat untuk fitur dan konten lainnya.

Baca juga: Berkat Teknologi Super-Conductive VC Liquid Cooling System, Main Game di Oppo Reno8 5G Tetap Dingin

Dengan menambahkan teknologi High-Performance Computing, Device-Cloud Collaborative Computing, dan Intelligent Computing, Oppo memberikan pengalaman bagi pengguna merasakan sistem operasi cerdas dan lancar.

Untuk mencoba kecanggihan ColorOS 13, kamu bisa segera membeli Oppo Reno8 Series. Seperti yang telah disebutkan, seri smartphone tersebut akan mendapatkan ColorOS 13 secara bertahap mulai September 2022.

Untuk mencoba kecanggihan ColorOS 13, Anda bisa segera membeli Oppo Reno8 Series. Seri smartphone tersebut akan mendapatkan ColorOS 13 secara bertahap mulai September 2022.Dok. Oppo Indonesia Untuk mencoba kecanggihan ColorOS 13, Anda bisa segera membeli Oppo Reno8 Series. Seri smartphone tersebut akan mendapatkan ColorOS 13 secara bertahap mulai September 2022.

Kamu bisa memesan Oppo Reno8 Series secara daring melalui berbagai e-commerce terkemuka di Tanah Air, Oppo Gallery, Oppo Store, dan partner retail resmi Oppo di seluruh Indonesia.

Informasi lebih lanjut mengenai Oppo Reno8 Series dan produk internet of things (IoT) terbaru Oppo, sila klik tautan berikut.

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com