Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beda Android 12L di Samsung Galaxy Z Fold 4 dan Z Fold 3

Kompas.com - 11/10/2022, 09:20 WIB

BALI, KOMPAS.com - Sistem operasi (OS) teranyar Android 12L dipastikan bakal hadir di ponsel lipat (foldable phone) Samsung Galaxy Z Fold, Galaxy Z Fold 2, dan Galaxy Z Fold 3, selain di Galaxy Z Fold 4

Meski ada di seluruh generasi Galaxy Z Fold Series, pengalaman memakau berbagai fitur Android 12L diklaim akan lebih maksimal di Galaxy Z Fold 4.

Hal ini disampaikan Product Marketing Manager Samsung Mobile Experience Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus dalam acara "Flex Ground Trip" yang digelar di Hotel Indigo Seminyak, Bali, Senin (10/10/2022).

Menurut Verry, salah satu hal yang paling membedakan pengalaman penggunaan Android 12L di Galaxy Z Fold 4 dan Galaxy Z Fold Series lainnya adalah dari aspek performa.

Baca juga: Fitur Andalan Android 12L di Samsung Galaxy Z Fold 4, dari Multi-window hingga Taskbar

"Galaxy Z Fold 4 ditenagai dengan chipset Snapdragon 8 Plus Gen 1, sehingga performa perangkat ini tentunya lebih mumpuni dibanding Galaxy Z Fold Series generasi sebelumnya," ujar Verry kepada KompasTekno.

"Ketika membuka banyak aplikasi menggunakan fitur Multi Window di Android12L, misalnya, ponsel lipat ini bisa menjalankan aplikasi-aplikasi tersebut tanpa ada masalah," imbuh Verry.

Terkait membuka banyak aplikasi, Verry mengeklaim Galaxy Z Fold 4 bisa memainkan game "berat" sekelas Genshin Impact, serta Mobile Legends dalam satu layar secara bersamaan memakai fitur Multi Window.

Selain performanya yang lebih "ngebut", fitur Android 12L juga disebut bisa lebih dimaksimalkan dengan dukungan S Pen di Galaxy Z Fold 4, juga di Galaxy Z Fold 3.

Samsung Galaxy Z Fold 4 dibekali dengan sistem operasi Android 12L yang dirancang untuk perangkat dengan layar yang lebih luas. OS ini memiliki sejumlah kelebihan. KOMPAS.com/Bill Clinten Samsung Galaxy Z Fold 4 dibekali dengan sistem operasi Android 12L yang dirancang untuk perangkat dengan layar yang lebih luas. OS ini memiliki sejumlah kelebihan.

Pada Galaxy Z Fold dan Galaxy Z Fold 2, fitur-fitur Android 12L yang bisa dibilang lebih mudah digunakan dengan memakai S Pen, seperti Taskbar hingga Multi Window, tentunya tidak bisa diterapkan.

Lalu, rasio aspek layar Galaxy Z Fold 4 yang lebih besar, begitu juga bezel di sekeliling layar perangkat yang disebut lebih tipis dari generasi sebelumnya, juga membuat Android 12L di Galaxy Z Fold 4 lebih enak untuk dipakai.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.