Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Website dan Aplikasi buat Pantau Banjir Jakarta secara Online

Kompas.com - 11/10/2022, 10:15 WIB

KOMPAS.com - Beberapa wilayah DKI Jakarta kerap menjadi langganan banjir ketika musim hujan seperti ini. Terbaru, pada Senin pagi (10/10/2022), dilaporkan sebanyak 53 RT di Jakarta terendam banjir akibat luapan Kali Ciliwung.

Titik lokasi banjir Jakarta di 53 RT tersebut mencakup wilayah kelurahan seperti Kelurahan Tanjung Barat, Pejaten Timur, Pengadegan, Balekambang, Cililitan, Cawang, Bidara Cina, dan sebagainya.

Baca juga: Cara Lapor dan Pantau Banjir Jakarta Online via Aplikasi JAKI dengan Mudah

Pada waktu yang hampir bersamaan, tinggi muka air di sejumlah bendungan juga tampak mengalami kenaikan. Misalnya, pada Minggu malam (9/10/2022), Bendung Katulampa Bogor, Jawa Barat, sempat berstatus siaga satu, dikutip dari Kompas.com.

Saat itu, ketinggian muka air Bendung Katulampa mencapai 220 cm. Kondisi tersebut menjadi peringatan bahaya banjir bagi masyarakat yang tinggal di bantaran Ciliwung, khususnya di wilayah Jakarta.

Banjir Jakarta bisa tiba sewaktu-waktu. Dengan kondisi ini, supaya waspada, masyarakat bisa memantau perkembangan kondisi dan potensi banjir Jakarta secara online. Lantas, bagaimana cara pantau banjir Jakarta secara online?

Pantau banjir Jakarta bisa dilakukan lewat berbagai cara, seperti aplikasi JAKI (Jakarta Kini), website “pantaubanjir.jakarta.go.id”, akun Twitter dari BPBD (Badan Penanggulangan Banjir Daerah) Jakarta, dan website “bpbd.jakarta.go.id”.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai cara pantau banjir Jakarta secara online lewat keempat website dan aplikasi tersebut.

Aplikasi dan website untuk pantau banjir Jakarta secara online

1. Aplikasi JAKI

Ilustrasi cara pantau banjir Jakarta lewat aplikasi JAKI.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara pantau banjir Jakarta lewat aplikasi JAKI.

Sebelum bisa pantau banjir Jakarta secara online, unduh dulu aplikasi JAKI di HP lewat Google Play Store (untuk HP Android) atau App Store (untuk iPhone). Setelah terunduh dan terinstal, silakan login akun.

Kemudian, pada halaman awal aplikasi JAKI, pilih menu “ “Lainnya” dan pilih “Pantau Banjir”. Selanjutnya, pilih opsi “Peta Pemantauan Banjir”. Di opsi tersebut, bakal terdapat peta yang memuat informasi titik lokasi banjir Jakarta berbasis wilayah RT.

Baca juga: 57 Persen Warga Jakarta Dinilai Belum Siap Migrasi ke TV Digital

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.