Kompas.com - 11/10/2022, 15:01 WIB

KOMPAS.com - Ponsel-ponsel kelas menengah keluaran akhir tahun ini akan mendukung kamera hingga 200 MP. Hal itu dimungkinkan setelah perusahaan semikonduktor MediaTek meluncurkan chipset kelas menengah baru, Dimensity 1080.

Dimensity 1080 membawa peningkatan signifikan dalam hal fotografi. Apabila Dimensity 920 sebelumnya mendukung kamera 108 MP (seperti di ponsel Xiaomi), maka Dimensity 1080 kali ini mendukung kamera dengan sensor 200 MP disertai HDR10+.

Chipset tersebut juga diklaim memiliki performa dan efisiensi yang lebih tinggi dibandingkan pendahulunya, Dimensity 920 (meluncur Agustus 2021).

Kemungkinan ponsel-ponsel dengan chipset Dimensity 1080 akan meluncur akhir 2022 atau awal 2023 mendatang. Belum diketahui ponsel apa saja yang bakal menggunakan Dimensity 1080 ini.

Baca juga: Motorola Edge (2022) Meluncur, Pertama dengan Dimensity 1050

Namun sejumlah smartphone yang sebelumnya mengusung Dimensity 920 antara lain adalah Xiaomi Mi 11i, Realme 9 Pro Plus, dan Realme Narzo 50 Pro.

Chipset dengan arsitektur 6 nm ini juga mendukung jaringan 5G, sehingga diharapkan makin banyak ponsel 5G dengan harga terjangkau pada 2023 mendatang.

Dari segi hardware, Dimensity 1080 terdiri dari CPU delapan inti (octa-core), yang mana dua inti (core) di antaranya adalah CPU ARM Cortex-A78 yang memiliki clockspeed hingga 2,6 GHz. Sementara itu, pengolah grafisnya mengandalkan GPU ARM Mali-G68.

Dikarenakan pengolah grafis yang dimiliki chipset tersebut sama dengan pendahulunya, berarti pengguna bakal mendapatkan performa dan kinerka gaming yang serupa di Dimensity 920.

Kendati sama, Mediatek mengeklaim bahwa pengguna bakal tetap mendapatkan pengalaman bermain game yang baru. Misalnya, pengguna dapat tetap bermain game sambil menerima panggilan telepon.

Baca juga: Bocoran Spesifikasi Qualcomm Snapdragon 6 Gen 1, Chipset untuk Ponsel 5G Murah

Dimensity 1080 kali ini juga diklaim bakal lebih hemat daya dibanding sebelumnya. Sehingga mampu memberikan daya tahan baterai yang lebih baik, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Digital Trends, Selasa (11/10/2022).

Dari keseluruhan kinerja chipset, skor benchmark yang didapatkan tidak terlalu mengalami perubahan dibandingkan dengan pendahulunya. Tidak ditemukan juga kebaruan fitur dalam bermain game.

Chipset tersebut masih mendukung jaringan sub-6GhZ 5G, Wi-Fi 6, Bluetooth 5.2, dan memiliki AI Processing Unit (APU) yang sama. Fitur lainnya, akan dipadankan dengan RAM berjenis LPDDR5 dengan memori penyimpanan UFS 3.1.2

Dilansir dari GSM Arena, Dimensity 1080 bakal mulai dikirimkan pada kuartal IV-2022 atau akhir tahun 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber GSM Arena


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.