Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Web Developer dan Programmer

Kompas.com - 11/10/2022, 19:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Seseorang yang bekerja dalam bidang web developer dan programmer sama-sama terlibat dalam penulisan kode. Akan tetapi, kedua profesi ini memiliki perbedaan. 

Web developer adalah pengembang yang menangani perkembangan sebuah website. Sementara programmer adalah seseorang yang menangani pemrograman dalam sebuah komputer.

Untuk lebih jelasnya, berikut KompasTekno telah menyajikan perbedaan bidang pekerjaan antara Web Developer dan Programmer.

Baca juga: Mengenal Ada Lovelace, Perempuan Programmer Pertama dalam Sejarah

Web Developer

Pengembangan web adalah proses membuat berbagai jenis aplikasi untuk sebuah web atau situs web. Sementara Web Developer atau pengembang web adalah orang yang bertugas mengembangkan sebuah situs website.

Tidak hanya bertugas untuk mengembangkan web, tugas seorang developer juga berkaitan dengan desain web, pemrograman web, dan manajemen basis data.

Mereka bertugas agar sebuah situs web perusahaan terlihat hebat, bekerja dengan cepat, dan memberikan pengalaman luar biasa, serta memberikan kemudahan kepada pengguna.

Ketika bekerja, seorang Web Developer atau pengembang web akan berkolaborasi dengan beberapa tim lain seperti desainer grafis dan penulis konten. Kolaborasi ini bertujuan agar situs yang dibuat dapat ramah pengguna dan terlihat bagus serta mudah dijalankan.

Bidang Web Developer biasanya terbagi atas tiga bagian, yakni Frontend Developer, Backend Developer, dan Full Stack Developer.

Frontend Developer bertugas untuk menjadikan tampilan web lebih menarik melalui penggunaan CSS, HTML, dan JavaScript.

Backend Developer bertugas untuk menyimpan dan mengatur data sembari memastikan bahwa semua yang ada di frontend berfungsi dengan baik.

Full Stack Developer bertugas menangani pengembangan desain halaman web serta mengelola database untuk penyimpanan data.

Baca juga: Mengenal Perbedaan Front-End, Back-End, dan Full-Stack Developer serta Skill yang Dibutuhkan

Programmer

Pemrograman adalah aktivitas memberikan instruksi kepada perangkat komputer untuk melakukan tugas tertentu dan memberikan hasil seperti apa yang diharapkan.

Sementara programmer adalah orang yang bertugas menjalankan instruksi-instruksi tersebut agar dapat terbaca oleh sistem.

Dalam hal ini, tugas seorang programmer berhubungan langsung dengan program komputer. Program komputer adalah kode atau urutan instruksi yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman dalam komputer untuk melakukan tugas tertentu, seperti membuat aplikasi.

Tidak jauh berbeda dengan Web Developer, seorang Programmer menggunakan bahasa pemrograman seperti Java, Python, JavaScript, dan C++. Melalui penggunaan bahasa tersebut, programmer mengubah solusi masalah menjadi instruksi yang dikonversikan dalam komputer.

Baca juga: Masih Sedikit Sarjana TI Indonesia yang Jadi Programmer

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com