Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Deteksi Kecelakaan iPhone 14 Keliru, Kirim Panggilan Darurat Palsu

Kompas.com - 12/10/2022, 07:00 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - iPhone 14 series memiliki fitur pendeteksi kecelakaan atau Crash Detection. Fitur ini memungkinkan ponsel melakukan panggilan darurat ketika perangkat mendeteksi kecelakaan.

Fitur ini bekerja menggunakan sensor dan akselerometer supaya iPhone 14 series bisa mendeteksi bahaya, dari depan, belakang, samping bahkan ketika ponsel terguling.

Namun, fitur ini justru salah mendeteksi, sehingga membuat petugas layanan darurat menerima panggilan "palsu".

Peristiwa itu dialami oleh Sara White yang sedang menikmati wahana rollercoaster di taman hiburan Kings Island, Cincinnati, AS. Saat itu, Sara White membawa iPhone 14 Pro miliknya saat bermain wahana tersebut dan menyimpannya di tas ransel.

Wahana itu meluncur hingga ke ketinggian 109 kaki (33 meter) dengan kecepatan 50 mph (80 km/jam).

Nah, fitur pendeteksi kecelakaan di iPhone 14 Pro yang digunakan Sara White itu keliru dan mengira bahwa tikungan, belokan hingga rem wahana tersebut sebagai keadaan darurat.

Baca juga: iPhone 14 dan Watch Series 8 Dibekali Fitur Crash Detection, Apa Itu?

Akibatnya, petugas darurat dihubungi oleh panggilan otomatis dari iPhone 14 agar datang ke taman hiburan tempat rollercoaster tersebut.

"Pemilik iPhone ini mengalami kecelakaan mobil dan tidak merespons telepon mereka," demikian bunyi pesan otomatis dari iPhone 14 Pro kepada layanan darurat 911, disertai keterangan lokasi pemilik ponsel.

Pesan itu diulang sebanyak tujuh kali selama panggilan berlangsung. Selain suara dari pesan otomatis tersebut, iPhone 14 Pro juga mengirimkan audio sekitar ponsel, termasuk teriakan orang-orang di taman hiburan, musik dan suara lainnya.

Saat Sara membuka ponselnya, iya mendapati riwayat panggilan tak terjawab dari operator darurat dan pesan suara yang menanyakan apakah dia baik-baik saja.

Kemudian ketika ia menyadari adanya panggilan tersebut, ia menelepon kembali 911 dan mengabarkan bahwa dirinya baik-baik saja.

Tim dari 911 juga sudah meluncur ke Kings Island Cincinnati karena panggilan dari iPhone 14 Pro milik Sara. Namun, mereka mengeklaim tidak menemukan keadaan sarurat.

Kisah ini dibagikan oleh Joanna Stern dari Wall Street Journal melalui akun Twitternya. Menurut Stern, fitur Crash Detection memang belum dapat diandalkan sepenuhnya karena kekeliruan fitur tersebut dalam mengenali kecelakaan.

Stern juga berkata bahwa wilayah Warren County yang menjadi lokasi King Island, sudah mendapat enam panggilan darurat yang dipicu oleh wahana di taman hiburan tersebut sejak iPhone 14 series dirilis.

Selain itu, Stern mengeklaim bahwa pengguna lain juga mengalami kekeliruan yang sama ketika menggunakan wahana di taman hiburan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com