Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Deteksi Kecelakaan iPhone 14 Keliru, Kirim Panggilan Darurat Palsu

Kompas.com - 12/10/2022, 07:00 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - iPhone 14 series memiliki fitur pendeteksi kecelakaan atau Crash Detection. Fitur ini memungkinkan ponsel melakukan panggilan darurat ketika perangkat mendeteksi kecelakaan.

Fitur ini bekerja menggunakan sensor dan akselerometer supaya iPhone 14 series bisa mendeteksi bahaya, dari depan, belakang, samping bahkan ketika ponsel terguling.

Namun, fitur ini justru salah mendeteksi, sehingga membuat petugas layanan darurat menerima panggilan "palsu".

Peristiwa itu dialami oleh Sara White yang sedang menikmati wahana rollercoaster di taman hiburan Kings Island, Cincinnati, AS. Saat itu, Sara White membawa iPhone 14 Pro miliknya saat bermain wahana tersebut dan menyimpannya di tas ransel.

Wahana itu meluncur hingga ke ketinggian 109 kaki (33 meter) dengan kecepatan 50 mph (80 km/jam).

Nah, fitur pendeteksi kecelakaan di iPhone 14 Pro yang digunakan Sara White itu keliru dan mengira bahwa tikungan, belokan hingga rem wahana tersebut sebagai keadaan darurat.

Baca juga: iPhone 14 dan Watch Series 8 Dibekali Fitur Crash Detection, Apa Itu?

Akibatnya, petugas darurat dihubungi oleh panggilan otomatis dari iPhone 14 agar datang ke taman hiburan tempat rollercoaster tersebut.

"Pemilik iPhone ini mengalami kecelakaan mobil dan tidak merespons telepon mereka," demikian bunyi pesan otomatis dari iPhone 14 Pro kepada layanan darurat 911, disertai keterangan lokasi pemilik ponsel.

Pesan itu diulang sebanyak tujuh kali selama panggilan berlangsung. Selain suara dari pesan otomatis tersebut, iPhone 14 Pro juga mengirimkan audio sekitar ponsel, termasuk teriakan orang-orang di taman hiburan, musik dan suara lainnya.

Saat Sara membuka ponselnya, iya mendapati riwayat panggilan tak terjawab dari operator darurat dan pesan suara yang menanyakan apakah dia baik-baik saja.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.