Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

70mai Omni Meluncur, Dashcam 360 Derajat Pertama di Dunia

Kompas.com - 12/10/2022, 08:20 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Perusahaan pembuat dashboard camera (dashcam), 70mai resmi meluncurkan produk terbaru, yaitu 70mai Omni dashcam yang mampu merekam dalam sudut 360 derajat. Kemampuan ini diklaim sebagai yang pertama di dunia.

Kemampuan merekam video secara 360 derajat ini dimungkinkan berkat kamera dengan sudut pandang 140 derajat yang bisa diputar 340 derajat. Dengan setup ini, pengendara mobil dapat melihat kondisi kendaraan dari keseluruhan sisi, baik depan maupun belakang.

Dashcam 70mai Omni dirancang untuk merekam seluruh kejadian di dalam dan luar mobil, bahkan ketika mobil sedang parkir, dengan fitur pengawasan 24 jam melalui sistem algoritma berbasis AI (artificial intelligence/AI).

Baca juga: Waze dan Google Bersatu di Dashboard Mobil

Ringkasnya, algoritma tersebut dapat mendeteksi manusia dan mengidentifikasi apakah sosok manusia tersebut mencurigakan atau tidak. Apabila sistem mendapat “sinyal” bahwa sosok manusia tersebut mencurigakan, kamera akan secara otomatis merekam.

Dashcam Omni pun turut dilengkapi fitur lain saat keadaan darurat. Ketika terjadi kecelakaan atau tabrakan, kamera akan secara otomatis merekam video darurat selama dua detik sebelum tabrakan.

Sejalan dengan pernyataan di atas, dashcam 70mai Omni ini juga diklaim bebas dari blindspot (titik buta). Jadi, pengendara tidak perlu khawatir mobil akan tertabrak atau tegores saat harus memarkir, melewati jalanan yang sempit, dan sebagainya.

Spesifikasi dashcam 70mai Omni

Dengan bodi yang cukup mungil, 51,5 x 51,5 x 93,2 mm, perangkat ini dibekali layar IPS dengan bentang seluas 1,2 inci. Resolusi layar yang ditawarkan adalah 240x240 piksel, sedangkan resolusi video 1.080x1920 piksel.

Baca juga: Cara Mengukur Kecepatan Mobil via HP agar Tidak Kena E-Tilang di Jalan Tol

Kemampuan menampilkan gambar dengan resolusi 1.080 piksel dikarenakan kamera Omni mengembangkan algoritma pemrosesan gambar. Sehingga sistem perangkat dapat meningkatkan kualitas video ke resolusi yang lebih tinggi.

70 mai merilis kamera perdana dan pertamanya di dunua, dashcam Omni 360 derajatKickstarter 70 mai merilis kamera perdana dan pertamanya di dunua, dashcam Omni 360 derajat

Meskipun memiliki frame rate di angka 60 fps (frame per secord), hasil video yang dihasilkan juga diklaim bakal mulus, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Giz China, Rabu (12/10/2022).

Untuk mengantisipasi kondisi malam hari yang minim cahaya, perangkat tersebut dibekali fitur PureCel®Plus-S HDR dengan bukaan lensa f/1,5, serta kemampuan rentang dinamis mencapai 120dB. Sehingga hasil gambar yang ditunjukkan bisa tetap terang dan mudah dilihat.

Baterai dashcam 70mai Omni memiliki kapasitas 500 mAh. Sodtware di kamera ini dijalankan oleh prosesor NT96580.

Baca juga: Cara Pakai Smart Driving di Ponsel Oppo, Tak Ganggu Kegiatan Menyetir Mobil

Dashcam 70mai Omni juga dibekali fitur bawaan (built-in) GPS, disertai layanan ADAS (Advanced Driver Asistance System) yang dapat mengidentifikasi potensi terjadi kecelakaan/situasi berbahaya lainnya, serta fitur pelacakan rute.

Dashcam 70mai Omni turut dibekali kontrol suara berbasis AI, sehingga pengendara diklaim dapat benar-benar melepas setir mobil secara aman. Kemudi dan kontrol nanti sepenuhnya akan dapat dilakukan hanya melalui perintah suaara.

Harga 70mai Omni

Dash cam Omni dibanderol mulai dari harga 99 dollar AS hingga 159 dollar AS. Berikut rinciannya.

Varian 32GB

  • Pembelian saat peluncuran 99 dollar AS (Rp 1,52 juta)
  • Pembelian Early bird 119 dollar AS (Rp 1,83 juta)
  • Pembelian di Kickstarter 139 dollar AS (Rp 2,13 juta)

Varian 64G

  • Pembelian saat peluncuran 109 dollar AS (Rp 1,67 juta)
  • Pembelian Early bird 129 dollar AS (Rp 1,98 juta)
  • Pembelian di Kickstarter 149 dollar AS (Rp 2,29 juta)

Varian 128 GB

  • Pembelian saat peluncuran 119 dollar AS (Rp 1,83 juta)
  • Pembelian Early bird 139 dollar AS (Rp 2,13 juta)
  • Pembelian di Kickstarter 159 dollar AS (Rp 2,44 juta)

Perangkat tersebut sudah dapat dibeli di situs urun dana, Kickstarter. Pemesanan sudah dapat dilakukan di situs tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GizChina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com