Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Setting APN Smartfren di HP Android dan iPhone buat Akses Internet

Kompas.com - 12/10/2022, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Tiap operator seluler, termasuk Smartfren, memiliki pengaturan APN (Access Point Name) untuk handphone (HP). Perlu diketahui, APN sendiri adalah sistem pengaturan nama koneksi di HP.

Fungsinya untuk menghubungkan jaringan seluler dengan jaringan internet. Bagi pengguna layanan Smartfren, pengaturan APN perlu ditambahkan dulu di HP, baik HP Android maupun iPhone, supaya bisa mengakses internet menggunakan jaringan seluler.

Baca juga: 3 Cara Beli Paket Internet Smartfren via Aplikasi MySmartfren, Kode UMB, dan Shopee

APN dari operator Smartfren umumnya bakal ditambahkan secara otomatis saat HP terhubung dengan jaringan seluler. Namun, di beberapa HP, kadang kala pengguna perlu untuk menambahkan APN Smartfren secara manual.

Seandainya APN Smartfren belum ditambahkan, pengguna mungkin bakal kesulitan untuk mengakses internet, kendati memiliki kuota data yang aktif. Bila belum ditambahkan, lalu bagaimana cara setting APN Smartfren?

Untuk setting APN Smartfren, caranya bisa berbeda antara di HP Android dengan iPhone. Penjelasan yang lebih lengkap soal cara setting APN Smartfren, baik di HP Android maupun iPhone, bisa dilihat di bawah ini.

Cara setting APN Smartfren

Setting APN Smartfren di HP Android

  • Buka menu “Settings” atau “Pengaturan” di HP Android.
  • Setelah itu, klik menu pengaturan yang bertajuk semacam ini “Jaringan Seluler” atau “Mobile Network Settings”.
  • Kemudian, pilih jaringan seluler Smartfren yang tengah digunakan dan klik opsi “APN”.
  • Ketik kode APN Smartfren ini “Smartfren4G” (tanpa tanda kutip) di kolom yang tersedia. Kosongkan kolom password dan username dalam pengaturan APN.

Setting APN Smartfren di iPhone

  • Buka menu “Settings”
  • Pilih menu pengaturan “Seluler” dan klik opsi “Jaringan Data Seluler”.
  • Selanjutnya, bakal muncul halaman formulir pengaturan APN.
  • Ketik kode APN Smartfren ini “Smartfren4G” (tanpa tanda kutip) di kolom yang tersedia. Kosongkan pula kolom password dan username yang terdapat di formulir pengaturan APN itu.

Selesai mengisi nama APN Smartfren, baik di HP Android maupun iOS, silakan simpan pengaturan tersebut. Kini, APN Smartfren berhasil ditambahkan di HP dan bisa dicoba untuk mengakses internet dengan jaringan seluler.

Cukup mudah bukan untuk setting APN Smartfren di HP? Demikianlah penjelasan seputar cara setting APN Smartfren di HP Android dan iOS supaya bisa mengakses internet, sebagaimana dilansir laman resmi Smartfren.

Baca juga: 4 Cara Registrasi Kartu Smartfren dengan Mudah

Sebagai informasi tambahan, selain Smartfren, APN juga tersedia pada operator-operator lain. Namun, pengaturannya bisa berbeda-beda tiap operator. Misalnya, APN untuk jaringan seluler Tri adalah “3data”, sedangkan Telkomsel “Internet”.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com