Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Teams Premium Resmi, Bisa Rekap Rapat Lebih Mudah

Kompas.com - 13/10/2022, 15:15 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Microsoft resmi memperkenalkan layanan berbayar untuk platform konferensi video miliknya, yaitu Teams Premium. Sesuai namanya, Teams Premium hadir dengan sejumlah fitur eksklusif alias tidak bisa dinikmati oleh pengguna Teams reguler (gratisan).

Sebagian besar fitur eksklusif di Teams Premium tersebut berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) untuk semakin mempermudah pelanggan ketika rapat dengan Teams.

Salah satunya inovasi terbesar yang dihadirkan Microsoft di Teams Premium adalah fitur asisten virtual AI untuk mencatat rekapitulasi rapat.

Baca juga: Microsoft Teams Rilis Fitur Baru Serupa Zoom

Untuk lebih jelasnya, berikut deretan fitur baru yang bakal hadir secara eksklusif untuk pelanggan Teams Premium:

1. Asisten virtual AI catat rekap rapat

Ilustrasi tampilan transkrip dan highlight rapat yang dibuat oleh asisten virtual AI di Teams Premium.Microsoft via The Verge Ilustrasi tampilan transkrip dan highlight rapat yang dibuat oleh asisten virtual AI di Teams Premium.
Microsoft menyertakan asisten virtual berbasis AI untuk rekaman dan transkrip hasil rapat. Dengan begitu, pengguna bisa mendapatkan semua informasi rapat di Teams.

Tak hanya hasil rekap, asisten virtual AI juga bakal memberikan ringkasan atau highlight dari informasi penting yang disampaikan dalam rapat.

Idenya adalah dari rapat yang berdurasi 40 menit, pengguna bisa mendapatkan ringkasan informasi penting dalam 10 menit saja.

Selain itu, dengan adanya asisten virtual AI di Teams Premium ini, pengguna tetap bisa mengikuti rapat tanpa ketinggalan informasi, meski harus meninggalkan rapat lebih awal atau bahkan tidak hadir sama sekali.

Baca juga: Microsoft Teams Kini Bisa Tampilkan Transkrip Terjemahan secara Real-Time

2. Fitur terjemahan langsung untuk 40 bahasa

Microsoft Teams Premium juga menyertakan fitur yang sudah lama dinanti-nanti pengguna, yaitu terjemahan langsung atau live translation.

Fitur yang berbasis AI ini mampu menerjemahkan 40 bahasa secara langsung ketika rapat berlangsung.

"Kami sekarang meluncurkan terjemahan teks langsung, hingga 40 bahasa yang kami terjemahkan secara otomatis dari suara ke teks dan bahasa lainnya," kata Nicole Herskowitz, manajer umum untuk Microsoft Teams.

Dengan adanya fitur live translation, Microsoft berharap rapat dapat berlangsung lebih inklusif karena siapapun bisa berpartisipasi dalam rapat tanpa terkendala bahasa.

3. Keamanan rapat lebih mumpuni

Fitur watermark untuk pelanggan Teams Premium.Microsoft via The Verge Fitur watermark untuk pelanggan Teams Premium.
Teams Premium juga kedatangan fitur keamanan rapat yang lebih mumpuni. Beberapa di antaranya adalah fitur watermark dan kemampuan untuk mengontrol siapa saja yang bisa merekam rapat di Teams.

Di samping itu, Teams juga akan menyertakan perlindungan baru untuk menjaga kerahasiaan informasi sensitif pada rapat. Fitur ini serupa dengan perlindungan DRM (Digital Rights Management) pada dokumen Microsoft Office untuk konten-konten yang memiliki hak cipta.

Baca juga: Microsoft Teams Tumbang Global, Ribuan Pengguna Kena Dampak

4. Fitur lain

Microsoft Teams Premium juga akan menyertakan panduan rapat baru yang lebih mirip dengan kebijakan default admin IT yang mengatur bagaimana opsi serta batasan rapat yang benar

Halaman:
Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com