Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Ponsel Misterius Oppo Segera Masuk Indonesia, Ada Oppo A17?

Kompas.com - 13/10/2022, 18:02 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo tampaknya tengah bersiap untuk memboyong sejumlah smartphone terbarunya ke Indonesia.

Pasalnya, ada tiga ponsel misterius Oppo yang sudah lolos sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Dua dari ketiga ponsel itu diduga adalah Oppo A17 dan Oppo A17K

Pantauan KompasTekno di laman TKDN, Kamis (13/10/2022), ketiga ponsel terbaru Oppo tersebut tercatat memiliki nomor model "CPH2481", "CPH2477", dan "CPH2471".

Ponsel Oppo CPH2471 dan CPH2477 lolos uji sertifikasi TKDN pada Agustus 2022, sedangkan Oppo CPH2481 mendapatkan sertifikasi TKDN pada 5 Oktober 2022. Ketiga sertifikat ponsel 4G itu kompak diajukan oleh PT Bright Mobile Telecommunication.

Baca juga: Oppo A77s Resmi di Indonesia, Harga Rp 3 Jutaan

Ketiga ponsel misterius Oppo ini lolos uji sertifikasi TKDN Kemenperin dengan nilai TKDN yang berbeda-beda. Model CPH2471 memiliki bobot nilai 35,8 persen, model CPH2477 dengan nilai 35,5 persen, dan terakhir model CPH2481 dengan nilai 35,79 persen.

Adapun laman sertifikasi TKDN untuk keempat ponsel tersebut bisa disimak dalam gambar di bawah ini.

Tangkapan layar laman TKDN yang menunjukkan tiga perangkat misterius Oppo telah lolos TKDN.TKDN Kemenperin Tangkapan layar laman TKDN yang menunjukkan tiga perangkat misterius Oppo telah lolos TKDN.
Diduga Oppo A17 dan Oppo A17K

Perangkat Oppo model CPH2471 dan CPH2477 juga sudah terdaftar di laman Postel Ditjen SDPPI Kemenkominfo.

Dari laman postel, disebutkan bahwa perangkat Oppo CPH2477 adalah nomor model untuk ponsel Oppo A17.

Sementara itu, berdasarkan penelusuran KompasTekno, perangkat dengan model CPH2471 kemungkinan merupakan Oppo A17K.

Pasalnya, nomor model tersebut muncul di laman sertifikasi Infocomm Media Development Authority (IMDA) Singapore sebagai perangkat Oppo A17K.

Baca juga: Daftar Harga HP Oppo Terbaru Oktober 2022, Mulai Rp 1 Jutaan

Nomor model yang sama juga sudah tercantum di laman sertifikasi negara lain, seperti Komisi Penyiaran dan Telekomunikasi Nasional Thailand (NTBC) dan Bureau of Indian Standards (BIS). Hal ini mengindikasikan bahwa ponsel Oppo A17K bakal segera diluncurkan di Indonesia, Singapura, Thailand, dan India.

Sedangkan nama resmi untuk Oppo CPH2481 masih misterius hingga kini.

Bocoran spesifikasi Oppo A17 dan Oppo A17K

Di dalam kotak penjualan Oppo A16k yang dominan berwarna biru laut, pengguna akan mendapatkan kartu garansi, buku panduan, SIM ejector, softcase, kepala charger berdaya 10 watt, kabel data dengan ujung micro-USB, serta unit ponsel itu sendiri.

Artinya, pengguna tidak akan mendapatkan aksesori earphone ketika membeli Oppo A16k, meski ponsel ini masih dibekali dengan audio jack 3,5 mm untuk mendengarkan musik via aksesori tersebut.Kompas.com/Bill Clinten Di dalam kotak penjualan Oppo A16k yang dominan berwarna biru laut, pengguna akan mendapatkan kartu garansi, buku panduan, SIM ejector, softcase, kepala charger berdaya 10 watt, kabel data dengan ujung micro-USB, serta unit ponsel itu sendiri. Artinya, pengguna tidak akan mendapatkan aksesori earphone ketika membeli Oppo A16k, meski ponsel ini masih dibekali dengan audio jack 3,5 mm untuk mendengarkan musik via aksesori tersebut.
Sebagai gambaran, tak ada salahnya menilik terlebih dahulu spesifikasi kunci Oppo A17 yang sudah dirilis di pasar Malaysia pada akhir September lalu.

Di Malaysia, Oppo A17 dibekali layar 6,56 inci, kamera utama 50 MP (f/1.8), kamera selfie 5 MP (f/2.2), chipset Mediatek Helio G35, baterai 5.000 mAh, serta masih menggunakan port microUSB.

Sebagai suksesor Oppo A16, Oppo A17 hadir dengan desain yang lebih segar dan modern. Misalnya, di bagian punggungnya, kamera belakang ponsel Oppo A17 kini dibuat lebih menyatu dengan bodi. Berbeda dengan Oppo A16 yang dimuat dalam sebuah modul persegi.

Masih di bagian belakang, cangkang Oppo A17 mengadopsi material yang sama seperti material cangkang Oppo Reno 7.

Di Malaysia, Oppo A17 ini dijual dengan harga 599 ringgit atau sekitar Rp 1,9 juta.

Baca juga: Oppo A17 Meluncur dengan Kamera 50 MP, Harga Rp 1 Jutaan

Sementara Oppo A17K sendiri masih belum dirilis oleh Oppo. Namun, menurut bocoran yang beredar, Oppo A17K diduga bakal membawa spesifikasi yang tidak jauh berbeda dengan pendahulunya. Oppo A16K sendiri memiliki spesifikasi layar 6,52 inci, kamera utama 13 MP, chipset MediaTek Helio G25, hingga baterai 4.230 mAh.

Namun, spesifikasi  Oppo A17 dan Oppo A17K versi di Indonesia masih harus menunggu informasi resmi dari Oppo. Mengingat, ponsel Oppo yang dibawa ke pasar Indonesia kerap memiliki spesifikasi yang berbeda dengan versi global.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com