Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Main Game di Xbox Bisa Sambil Dengar Lagu Apple Music

Kompas.com - 14/10/2022, 10:30 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah layanan Apple kini terintegrasi dengan produk Microsoft. Satu di antaranya yaitu Apple Music yang kini juga bisa diakses melalui konsol game Xbox.

Dengan dukungan Apple Music di Xbox, pengguna bisa mengunduh aplikasi Apple Music melalui Xbox dan memutar sejumlah lagu favorit. Untuk tahap awal, pengguna diberi kesempatan uji coba gratis satu bulan.

Meski hadir di perangkat berbeda, tampilan antramuka (UI) Apple Music di Xbox secara umum persis seperti pada Apple TV. Pada bar atas, terdapat serangkaian opsi seperti Listen Now, Videos, Radio, Library, dan Now Playing.

Baca juga: Apple Music Punya 100 Juta Lagu, Lampaui Spotify dan YouTube Music

Karena dasarnya sama, pengguna Xbox juga bisa mendapat akses ke pustaka musik, album, lirik yang disinkronkan dengan timer dan lainnya. Tidak ada hal baru atau fitur khusus yang disediakan Apple untuk Xbox.

Audio dari Apple Music bisa diputar di background, sehingga pengguna bisa memainkan game sembari mendengarkan musik.

Tak hanya di Xbox, Apple Music juga akan tersedia untuk perangkat berbasis OS Windows, namun mulai tahun depan. Sementara di Xbox, aplikasi Apple Music sudah dapat diunduh oleh pengguna dari sekarang.

Susul Spotify

Sebelum Apple Music, Spotify lebih dulu tersedia di Xbox. Spotify sendiri kini menjadi salah satu kompetitor Apple Music, jadi tak heran bila Apple juga memperluas ketersediaan aplikasi streaming musiknya itu ke konsol besutan Microsoft guna mempertahankan eksistensinya.

Selain Spotify, beberapa aplikasi streaming audio lainnya juga sudah ada di Xbox seperti Amazon Music, Deezer dan lainnya.

Sementara itu Apple Music sebelumnya sudah tersedia di PlayStation 5 sejak tahun lalu, smart TV Samsung dan LG tertentu, Roku, Android, Amazon Echo, Sonos, Google Nest, dan Windows melalui iTunes.

Baca juga: TikTok Music Siap Meluncur, Saingi Spotify dan Apple Music?

Dihimpun KompasTekno dari Ars Technica, Jumat (14/10/2022), meski ketersediaannya di Windows melalui iTunes sudah didukung cukup lama, hadirnya aplikasi Apple Music tidak akan menghilangkan dukungan iTuns di OS Microsoft.

Diperkaya 100 juta lagu

Pada Oktober 2022 ini, Apple mengungkapkan bahwa layanan Apple Music memiliki 100 juta lagu di dalam katalog.

Hal ini diumumkan Apple melalui laman resmi Apple Newsroom. "Seratus juta lagu — ini adalah angka yang akan terus tumbuh dan berlipat ganda secara eksponensial," tulis Apple.

Apple Music berhasil mencapai tonggak sejarah 100 juta lagu tujuh tahun setelah dirilis pertama kali pada Juni 2015.

Baca juga: Cara Berhenti Langganan Apple Music di iPhone dan Mac

Jumlah lagu Apple Music meningkat dua kali lipat dalam empat tahun terakhir, dari 50 juta pada 2018 menjadi 100 juta lagu pada 2022.

Dengan pencapaian 100 juta lagu tersebut, Apple Music mengukuhkan dirinya sebagai platform streaming dengan katalog musik terbesar di dunia, mengalahkan platform musik lainnya macam Spotify, YouTube Music, dan Amazon Music.

Pasalnya pada 2022 ini, YouTube Music memiliki sekitar 80 juta lagu, Spotify memiliki 82 juta musik dan podcast, serta Amazon Music dengan 90 juta lagu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com