Kompas.com - 14/10/2022, 14:15 WIB

KOMPAS.com - Untuk menjaga kesehatan baterai atau battery health iPhone, beberapa pengguna mungkin bakal menganjurkan agar tidak melakukan tindakan mengisi daya dalam waktu yang cukup lama, seperti saat ditinggal tidur semalaman.

iPhone dicas terlalu lama semalaman cukup banyak disebut sebagai penyebab kesehatan baterai menurun. Salah satu contohnya seperti yang disampaikan oleh akun dengan handle @robytch di Twitter, sebagaimana tertera di bawah ini.

Baca juga: Daftar Harga iPhone Terbaru Oktober 2022: iPhone 11, iPhone 12, iPhone 13, dan iPhone SE 3

Akun tersebut mengatakan bahwa salah satu sebab battery health turun adalah iPhone dicas terlalu lama (overcharge) lantaran ditinggal tidur. Selain itu, ada pula akun dengan handle @cloudysnowys yang melontarkan respons bernada serupa lewat twitnya.

Ia juga menganjurkan agar iPhone tidak dicas terlalu lama semalaman untuk menjaga battery health tidak cepat turun. Lantas, apakah benar demikian bahwa iPhone tidak bisa dicas semalaman?

Di laman resmi dukungan Apple sendiri, untuk menjaga battery health iPhone, cara yang utama adalah dengan menjauhkan perangkat dari paparan suhu panas ekstrem (lebih dari 35 derajat celcius).

Suhu panas tersebut salah satunya bisa datang dari aktivitas pengisian daya yang dilakukan dalam kondisi tertentu. Dengan menjadi salah satu penyebab itu, lalu apakah iPhone bisa dicas semalaman?

Aktivitas pengisian daya yang bisa menimbulkan suhu panas ekstrem dapat terjadi ketika dibarengi hal lain, misal cas iPhone dengan bermain game. Selain itu, suhu panas ekstrem juga bisa timbul dengan kondisi mengisi daya pada iPhone yang terpasang pelindung.

Untuk kondisi iPhone dicas semalaman, secara konsep sebetulnya bisa dilakukan. iPhone boleh dicas semalaman lantaran terdapat fitur Pengisian Daya Optimal atau Optimized Battery Charging, begini penjelasannya.

Baca juga: Kenapa Battery Health iPhone Cepat Turun dan Perlukah Khawatir?

Fitur Pengisian Daya Optimal

Dikutip dari laman resmi dukungan Apple, Pengisian Daya Optimal atau Optimized Battery Charging merupakan fitur yang dibuat untuk mengurangi penurunan battery health iPhone akibat pengisian daya dalam waktu yang cukup lama.

Fitur yang mulai tersedia di iOS 13 itu dapat menghalau pengisian daya ke iPhone secara otomatis, saat berada dalam kondisi tertentu. Dengan fitur Pengisian Daya Optimal, iPhone mempelajari kebiasaan pengguna sehari-hari.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.