Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo Indonesia Ungkap Seri Ponsel yang Laris Saat Ini

Kompas.com - 14/10/2022, 18:00 WIB

KOMPAS.com - Oppo Indonesia mengungkap seri ponsel yang banyak diminati konsumen di Tanah Air saat ini. Seperti diketahuim firma riset International Data Corporation (IDC) melaporkan bahwa Oppo menguasai pasar ponsel di Indonesia pada kuartal II- 2022.

Dalam laporannya, Oppo menduduki peringkat pertama daftar lima vendor ponsel terbesar di Indonesia kuartal II-2022, dengan pangsa pasar 20,6 persen.

PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto juga menyampaikan bahwa laporan dari IDC sejalan dengan data internal perusahaan. Perusahaan mengalami kenaikan market share, salah satunya dikarenakan kehadiran dari lini Reno 7 4G dan Oppo A96.

IDC juga melaporkan ponsel dari lini Reno dan A-series sebagai dua produk yang memberikan kontribusi cukup besar bagi perusahaan, terutama terhadap kenaikan market share Oppo.

Baca juga: Kesan Pertama Menjajal Oppo A77s, Ponsel Kembaran Reno 7 4G

Namun, setelah melewati kuartal III-2022 (Juli-September), Aryo memaparkan perangkat terlaris setelah Reno 7 series adalah ponsel penerusnya, Reno 8 series yang sudah dirilis pada September lalu.

“Kalau dari perangkat yang paling tinggi (penjualannya) sekarang adalah di perangkat Reno 8 series, terutama Reno 8 4G dan juga Reno 8 5G," ujar Aryo ditemui si Oppo Gallery Gandaria City Mall, Jakarta Selatan, Kamis (13/10/2022).

"Jadi, itu (Reno series) adalah perangkat yang paling banyak disukai konsumen saat ini,” lanjutnya.

Namun jika dihitung secara keseluruhan, dari semua seri ponsel yang masih dijual Oppo, seri Oppo A57 dan Oppo A16 yang masing-masing sudah dirilis pada Juli 2022 dan Juli 2021, diklaim memberikan kontribusi yang paling besar.

Meski demikian, Aryo tidak merinci secara detail jumlah penjualan masing-masing ponsel di atas.

TWS Oppo Enco W11Oppo TWS Oppo Enco W11

Produk selain smartphone yang cukup diminati konsumen Indonesia lainnya adalah perangkat TWS (True Wireless Stereo) Oppo Enco Buds 2 yang sudah dirilis per Agustus lalu.

“Sebelumnya Enco Buds (generasi pertama) jarang sekali (membuat) orang mau datang ke Oppo Store untuk membeli perangkat IoT (Internet of Things), tetapi di Enco Buds 2 cukup tinggi,” imbuh Aryo.

Oppo juga berencana untuk meluncurkan produk IoT lain, yaitu gelang pintar Oppo Band 2 yang bakal dirilis pada 17 Oktober 2022.

5 vendor ponsel di Indonesia kuartal-II 2022

Laporan IDC mencatat Oppo menduduki peringkat pertama dengan pangsa pasar 20,6 persen. Lalu, diposisi kedua terdapat Samsung dengan pengiriman 1,9 juta unit dengan pangsa pasar 20,2 persen.

Vivo, yang menduduki peringkat ketiga dengan pengiriman sebanyak 1,7 juta unit. Lalu, diposisi keempat dan kelima ada Xiaomi dan Realme dengan pangsa pasar masing0masing 15,6 persen dan 12,1 persen. Berikut adalah rincian tabel dari laporan IDC

Vendor Pengiriman (juta unit) Pangsa pasar
Oppo 2,0 20,6 %
Samsung 1,9 20,2 %
Vivo 1,7 17,8 %
Xiaomi 1,5 15,6 %
Realme 1,2 12,1 %
Lainnya 1,3 13,7 %
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.