Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cetak Kartu BPJS Ketenagakerjaan Tanpa Aplikasi dengan Mudah

Kompas.com - 15/10/2022, 14:15 WIB

KOMPAS.com - Setiap peserta BPJS Ketenagakerjaan memiliki kartu fisik (kartu BPJS Ketenagakerjaan) yang berisi nama lengkap dan 11 digit nomor kepesertaan. Selain versi fisik, sebetulnya tersedia pula kartu BPJS Ketenagakerjaan versi digital.

Lalu, kartu digital BPJS Ketenagakerjaan tersimpan di mana? Kartu BPJS Ketenagakerjaan digital umumnya bisa diakses lewat aplikasi JMO (Jamsostek Mobile) di HP. Namun, bila lewat aplikasi dirasa cukup ribet, peserta juga dapat mengaksesnya via website.

Baca juga: Cara Cek Klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan Sudah Cair atau Belum secara Online

Perlu diketahui, BPJS Ketenagakerjaan juga memiliki layanan online di websitesso.bpjsketenagakerjaan.go.id”. Peserta dapat mengakses website tersebut untuk mengakses berbagai layanan, termasuk cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan.

Jadi, apabila kartu fisiknya hilang atau rusak, peserta masih bisa cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan versi digital tanpa aplikasi melalui website tersebut. Lantas, bagaimana cara cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan tanpa aplikasi?

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai cara cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan tanpa aplikasi dengan mudah, lewat website “sso.bpjsketenagakerjaan.go.id”.

Cara cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan tanpa aplikasi

  • Kunjungi alamat website ini https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/.
  • Bila belum punya akun, silakan klik opsi “Buat Akun Baru”. Lengkapi seluruh data diri yang diminta, beberapa di antaranya seperti alamat e-mail aktif, NIK, nama lengkap, nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan, dan sebagainya.
  • Setelah punya akun, silakan login di website “sso.bpjsketenagakerjaan.go.id”
  • Di halaman awal website, pilih menu “Kartu Digital” dan bakal muncul kartu BPJS Ketenagakerjaan versi digital.
  • Terakhir, tekan kartu tersebut, lalu pilih opsi “Simpan” atau “Download”. Kartu BPJS Ketenagakerjaan versi digital yang terunduh nantinya bisa dicetak sendiri.

Kartu BPJS Ketenagakerjaan sebaiknya dijaga supaya tak hilang atau diambil orang lain. Itu dikarenakan kartu tersebut punya fungsi yang sangat penting, yakni untuk mengakses berbagai layanan BPJS Ketenagakerjaan, seperti klaim jaminan dan pembayaran iuran.

Cukup mudah bukan cara cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan tanpa aplikasi? Demikianlah penjelasan seputar cara cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan tanpa aplikasi lewat website “sso.bpjsketenagakerjaa.go.id”.

Baca juga: Cara Klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan via Lapak Asik serta Syaratnya

Sebagai informasi tambahan, bila hendak cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan lewat aplikasi, caranya bisa dilihat lebih lengkap di artikel ini “Cara Cetak Kartu BPJS Ketenagakerjaan Online via Aplikasi JMO”.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.