Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Pemenang Indonesia Game Awards 2022

Kompas.com - 16/10/2022, 15:30 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

BALI, KOMPAS.com - Ajang Indonesia Game Developer Exchange (IGDX) 2022 telah melewati sejumlah rangkaian acara. Pada puncak acara, ada IGDX Conference yang digelar secara offline di Hotel The Stones, Legian, Bali.

IGDX Conference hari kedua yang berlangsung hari ini, Minggu (16/10/2022), diisi oleh pengumuman acara penghargaan Indonesia Game Awards 2022.

Indonesia Game Awards merupakan ajang penghargaan baru yang diselenggarakan untuk mengisi kekosongan dari absennya acara Barekraf Game Prime Online tahun ini.

Terdapat enam kategori penghargaan dalam Indonesia Game Awards 2022, di antaranya adalah Best Art, Best Narrative, Best Gameplay, hingga Game of the Year.

Baca juga: Kominfo: Pengembang Game Lokal Masih Terpusat di Pulau Jawa

Acara ini mencakup game dari beragam jenis platform mulai dari PC, konsol, dan mobile. Judul game yang masuk ke dalam nominasi merupakan game yang dikembangkan oleh pengembang atau penerbit lokal.

Berdasarkan ketentuannya, game ini juga harus dirilis secara publik pada periode Juli 2021 hingga Agustus 2022.

Game hasil bikinan anak negeri yang sudah memenuhi dua syarat di atas akan dinilai oleh juri yang berasal dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Virtual SEA, Asosiasi Game Indonesia (AGI), IGN Southeast Asia, Ingame, Tech in Asia, dan Digital Braves.

Hasilnya, Kitaria Fables berhasil menyabet kategori penghargaan bergengsi di Indonesia Game Awards 2022, yaitu Game of the Year.

Game yang digarap oleh studio Twin Hearts ini dinilai mampu memberikan pengalaman terbaik dari segi kreativitas maupun teknis.

Selain berhasil dinobatkan sebagai game terbaik di Indonesia Game Awards 2022, Kitaria Fables juga membawa sejumlah penghargaan lain, yakni Best Gameplay dan Best PC/Console Game.

Baca juga: Kominfo Klaim Industri Game di Indonesia Semakin Moncer

Kitaria Fables merupakan game yang memadukan genre simulasi dan role-playing. Melalui game ini, pemain dapat menikmati pengalaman layaknya hidup di desa dengan bercocok tanam banyak jenis tanaman.

Uniknya, game ini juga menghadirkan elemen pertarungan di mana pemain bisa melawan aneka monster dengan shir dari beragam jenis elemen seperti angin, api, es, dan lainnya.

Sedangkan untuk kategori Best Narrative dimenangkan oleh game mobile berjudul The Sun Shines Over Us.

Game garapan studio Eternal Dream Studio dan Niji Games ini menyajikan novel visual yang mengulas masalah kesehatan mental di kalangan remaja.

Untuk mengetahui daftar lengkap kategori penghargaan beserta judul pemenang dalam ajang Indonesia Game Awards 2022.

Daftar Pemenang Indonesia Game Awards 2022

  • Best Art - Samudra
  • Best Narrative - The Sun Shines Over Us
  • Best Gameplay - Kitaria Fables
  • Best Mobile Game - When the Past Was Around
  • Best PC/Console Game - Kitaria Fables
  • Game of the Year - Kitaria Fables
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com