Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru Setahun, Final Fantasy VII: The First Soldier Tutup Server

Kompas.com - 17/10/2022, 08:00 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu game petualangan populer seri Final Fantasy, yaitu Final Fantasy VII: The First Soldier dirilis di platform mobile (Android dan iOS) pada November 2021 lalu.

Kini, pengembang game online tersebut, yaitu Square Enix mengumumkan pihaknya bakal menutup server Final Fantasy VII: The First Soldier dalam beberapa bulan ke depan, sekitar setahun setelah game itu dirilis.

Hal ini diumumkan Square Enix melalui akun Twitter resmi dengan handle @FFVII_FS_EN. Dalam sebuah unggahan, mereka mengatakan bahwa pengguna dipastikan tidak bisa memainkan game itu lagi awal tahun depan.

Baca juga: Final Fantasy V Pixel Remaster Meluncur 10 November, Bawa Grafik dan Gameplay Baru

"Dengan berat hati kami mengumumkan bahwa kami akan menyetop layanan (mematikan server) Final Fantasy VII: The First Soldier pada 11 Januari 2023 tepat pukul 07.00 UTC (14.00 WIB)," tulis Square Enix, dikutip KompasTekno dari Twitter.com, Senin (17/10/2022).

"Terima kasih bagi semua pihak yang mendukung dan memainkan game kami selama satu tahun belakangan ini," imbuh Square Enix.

Pada unggahan yang sama, pihak Square Enix memberikan alasan mengapa mereka harus menutup server Final Fantasy VII: The First Soldier.

Baca juga: Spesifikasi Minimum PC untuk Main Game Final Fantasy VII Remake Integrade

Menurut pengakuan Square Enix, game itu terpaksa harus ditutup karena konten-konten di dalamnya dirasa belum cukup untuk memuaskan para pengguna yang memainkan game tersebut.

"Terlepas dari upaya kami untuk memberikan beragam konten baru, kami menilai bahwa kami belum mampu untuk menghadirkan pengalaman bermain yang kami harapkan, dan juga pantas Anda dapatkan," jelas Square Enix.

Meski ada rencana mau ditutup, Square Enix memastikan pihaknya bakal terus memberikan pembaruan (update) selama tiga bulan terakhir, hingga akhirnya nanti benar-benar ditutup pada 11 Januari 2023 mendatang.

Apa itu Final Fantasy VII: The First Soldier?

Ilustrasi gameplay Final Fantasy VII: The First Soldier.Videogameschronicle Ilustrasi gameplay Final Fantasy VII: The First Soldier.

Final Fantasy VII: The First Soldier adalah game dengan genre battle royale yang memiliki setting waktu 30 tahun sebelum peristiwa di game Final Fantasy VII sebelumnya, dengan setting tempat di wilayah Midgard.

Dalam game itu, dikisahkan bahwa Shinra Electric Company tengah mengembangkan unit petarung eksperimental bernama Soldier dengan tujuan untuk menambah kekuatan militer mereka.

Baca juga: 6 Game Gratis PS Now Januari 2022, Ada Mortal Kombal 11 dan Final Fantasy XII

Seperti kebanyakan game battle royale pada umumnya, Final Fantasy VII: The First Soldier menyuguhkan gameplay yang dipenuhi dengan aksi baku tembak dan pertarungan jarak dekat.

Bedanya, Square Enix turut menyertakan karakter di dalam game dengan sejumlah kemampuan sihir, seperti memanggil petir hingga menciptakan perisai untuk menghalau serangan peluru.

Selain itu, pemain juga bakal menjumpai sejumlah karakter dari seri Final Fantasy klasik, salah satunya seperti Scorpion Sentinel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com