Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa dibuka atau “Crash” di iPhone dan iPad

Kompas.com - 17/10/2022, 18:15 WIB

KOMPAS.com - Aplikasi Instagram tidak bisa dibuka (crash) di iPhone atau iPad, merupakan salah satu kendala yang cukup sering dijumpai. Seandainya menjumpai kendala ini, aplikasi Instagram bakal tiba-tiba keluar sendiri saat dibuka.

Lantas, kenapa saat buka Instagram tiba-tiba keluar sendiri di iPhone atau iPad? Instagram crash di iPhone atau iPad bisa disebabkan lantaran terdapat bug di aplikasi. Misalnya, bug yang terdapat pada aplikasi Instagram versi 255.0.

Baca juga: Instagram Tidak Bisa Login? Ciri Dibajak, Begini Cara Mengembalikan IG yang Di-hack

Versi aplikasi Instagram yang telah dirilis sejak 3 Oktober lalu, dilaporkan terdapat kendala . Dikutip dari BGR, adapun kendalanya adalah pengguna jadi tak bisa membuka aplikasi Instagram di perangkat berbasis iOS.

Jadi, tak lama setelah menekan ikon aplikasi dan termuat halaman peluncuran, aplikasi Instagram mendadak menutup dan kembali layar “Home” di iPhone atau iPad. Beberapa pengguna mencoba untuk menginstal ulang aplikasi Instagram, tapi hasilnya tetap sama.

Dengan penyebab seperti itu, lalu apa yang harus dilakukan jika Instagram error, crash, atau tidak bisa dibuka di iPhone atau iPad? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara mengatasi Instagram tidak bisa dibuka di iPhone dan iPad.

Cara mengatasi Instagram tidak bisa dibuka di iPhone dan iPad

1. Update versi aplikasi Instagram

Tim Humas Instagram, pada Senin minggu lalu (3/10/2022) sempat mengonfirmasi bahwa terdapat bug yang menyebabkan pengguna perangkat iOS tidak bisa mengakses atau membuka aplikasi Instagram.

“Kami memperbaiki masalah yang menyebabkan beberapa pengguna iOS kesulitan mengakses Instagram”, tulis tim Humas Instagram lewat akun Twitter resminya dengan handle @InstagramComms, Senin (3/10/2022).

Baca juga: Ramai Filter Game Susun Balok “Stack” di Instagram, Ini Cara Menggunakannya

Untuk mengatasinya, mereka menyarankan agar pengguna melakukan update versi aplikasi Instagram di iPhone atau iPad. Cara update versi aplikasi Instagram bisa dilakukan via toko aplikasi App Store, dengan menekan tombol “Perbarui”.

2. Tutup penuh aplikasi Instagram

Selain melakukan update, cara mengatasi Instagram tidak bisa dibuka juga dapat dilakukan dengan menutup penuh aplikasinya. Untuk menutup penuh aplikasi Instagram, caranya usap layar iPhone atau iPad dari ujung bawah ke atas.

Lalu, usap jendela aplikasi Instagram ke atas. Setelah ditutup penuh di latar belakang, coba buka kembali aplikasi Instagram. Cara ini berfungsi untuk menyegarkan kembali sistem aplikasi Instagram sehingga dapat dioperasikan dengan lancar.

3. Restart iPhone atau iPad

Cara yang ketiga adalah melakukan restart atau memuat ulang iPhone dan iPad. Ini berfungsi untuk menyegarkan kembali sistem di iPhone atau iPad yang mungkin menyebabkan aplikasi tidak dapat beroperasi dengan lancar.

Untuk restart iPhone atau iPad, caranya tekan tombol power dan geser opsi “matikan” di layar”. Setelah iPhone atau iPad dalam kondisi mati, silakan tekan lagi tombol power untuk menyalakannya. Bila telah nyala kembali, coba buat buka aplikasi Instagram.

Baca juga: Apa Itu Twitter Circle? Mirip dengan Fitur Close Friend di Instagram

Demikianlah penjelasan seputar cara mengatasi Instagram tidak bisa dibuka atau crash di iPhone dan iPad, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber bgr.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.