Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keyboard Favorit Pendiri Apple Kini Hadir di iOS 16

Kompas.com - 18/10/2022, 09:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penggunaan keyboard QWERTY tampaknya menjadi susunan keyboard yang dimiliki seluruh smartphone. Format tersebut telah menjadi keyboard perangkat yang paling umum digunakan.

Namun, baru-baru ini iOS 16 melakukan pembaruan dengan menambah pilihan keyboard baru yang bernama “Dvorak”. Dvorak merupakan susunan keyboard legendaris yang ditemukan pada 1936 silam, oleh August Dvorak dan William Dealey.

Susunan keyboard tersebut cukup berbeda karena hanya memiliki tujuh tombol di baris pertama yang terdiri dari huruf P, Y, F, G, C, R, dan L. Hal tersebut dilakukan untuk mempercepat pengetikan kata, dan membuat pengalaman mengetik lebih nyaman.

Baca juga: Mobil Steve Jobs Tak Pernah Dipasang Pelat Nomor, Kenapa?

Dvorak dan Dealey menganggap bahwa susunan keyboard “Dvorak” jauh lebih eifisen dan efektif dibanding QWERTY. Namun, dikarenakan seiring berkembangnya teknologi keyboard QWERTY, posisi Dvorak pun menjadi tergantikan.

Berikut adalah contoh perbedaan keyboard QWERTY dengan Dvorak.

Perbandingan keyboard QWERTY dengan DvorakPhone Arena Perbandingan keyboard QWERTY dengan Dvorak

Keyboard Dvorak jadi favorit pendiri Apple

Apple-1 rakitan Steve Jobs dan Steve Wozniak.Wikimedia Commons Apple-1 rakitan Steve Jobs dan Steve Wozniak.

Nah, fakta menarik dari kebaruan iOS 16 kali ini adalah salah satu pendiri Apple, Steve Wozniak, mengaku telah menggunakan format keyboard Dvorak. Susunan tata letak keyboard tersebut telah ia pelajari sejak 1993 lalu dan terus menggunakannya sampai sekarang.

“Saat itu saya sedang dalam penerbangan menuju Tokyo dan saya mengikuti (kelas mengetik) Mavis Beacon dalam mode Dvorak. Saya menghabiskan waktu 5 jam untuk mempelajarinya dan tidak pernah lagi melihat keyboard QWERTY. Itu saja,” ujar Wozniak, dihimpun KompasTekno dari Phone Arena, Selasa (18/10/2022).

Baca juga: Cara Ganti Keyboard di HP Android dengan Mudah dan Cepat

“Anak-anak saya sudah berhasil beralih dan belajar Dvorak dalam waktu singkat. Dengan (waktu singkat) sekitar seminggu, (mereka) dapat mengetik secepat di (keyboard) QWERTY,” imbuh Wozniak atau yang akrab disapa Woz.

Karena kesukaannya dengan susunan keyboard Dvorak, Wozniak pernah menyertakan mode keyboard tersebut sebagai fitur dari komputer Apple IIc yang dijual di AS pada 1984.

Ketika tombol “Keyboard” ditekan, sistem akan otomatis mengubah tata letak QWERTY menjadi mode Dvorak, meskipun tombol fisik di komputer tidak berubah, saat keyboard digunakan, huruf yang muncul akan menyesuaikan susunan Dvorak.

Oleh karena itu, saat iOS 16 menghadirkan fitur ini, Woz menyambutnya dengan penuh antusias dengan berkata “OMG (Oh My God/Ya Ampun), Terima kasih banyak”.

Cara mengubah susunan keyboard di iPhone

Untuk pengguna iPhone yang ingin menjajal fitur ini, berikut adalah langkah mudahnya.

  • Buka Pengaturan (Settings)
  • Buka General
  • Pilih Keyboard
  • Klik Bahasa Inggris (English (AS))
  • Ganti dengan “Dvorak”

Pantauan KompasTekno, ponsel Android tidak memiliki pilihan keyboard Dvorak. Pilihan yang tersedia terdiri dari QWERTY, QWERTZ, AZERTY, dan 3x4 keyboard.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com