Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fitur WhatsApp Terbaru Oktober 2022, Termasuk Bisa Kembalikan Chat yang Dihapus

Kompas.com - 18/10/2022, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Aplikasi pesan instan WhatsApp atau biasa disingkat WA, tampak baru saja merilis beberapa fitur baru untuk pengguna. Per Oktober 2022, setidaknya terdapat lima fitur WhatsApp terbaru yang digelontorkan ke pengguna.

Salah satunya adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk memulihkan atau mengembalikan (undo) chat yang telah dihapus selama beberapa saat. Selain itu, terdapat pula fitur untuk membuat dan membagikan link undangan panggilan WA.

Baca juga: Apa itu Website Sound of Text yang Ramai Dicari Pengguna WA?

Sudah penasaran dengan apa saja fitur WA terbaru yang dirilis per Oktober 2022? Untuk lebih lengkapnya, berikut KompasTekno rangkumkan daftar lima fitur WhatsApp terbaru yang dirilis bulan ini.

Daftar fitur WhatsApp terbaru per Oktober 2022

1. Mengembalikan chat WA yang dihapus

Ilustrasi fitur WhatsApp terbaru untuk untuk mengembalikan chat yang telah dihapus dengan opsi Delete for Me.wabetainfo.com Ilustrasi fitur WhatsApp terbaru untuk untuk mengembalikan chat yang telah dihapus dengan opsi Delete for Me.

Sebagaimana sempat disinggung di atas, pengguna kini bisa mengembalikan chat WA yang dihapus. Namun, tidak semua chat WA yang dihapus bisa dipulihkan. Fitur ini hanya berlaku untuk tindakan hapus chat dengan opsi "hapus untuk saya" atau “Delete for Me”.

Setelah beberapa saat pengguna menghapus chat WA di ruang obrolan dengan opsi “delete for me”, bakal muncul pop-up menu dengan opsi “Undo”. Bila opsi itu dipilih maka chat WA yang dihapus sebelumnya akan muncul kembali di ruang obrolan.

2. Share link undangan panggilan WA

Fitur baru link WhatsApp Call.WhatsApp via TechCrunch Fitur baru link WhatsApp Call.

Di Oktober ini, WA kedatangan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan membagikan (share) tautan atau link undangan panggilan. Dengan tautan undangan itu, pengguna lain bisa otomatis bergabung ke panggilan.

Untuk membuat link panggilan WA, dikutip dari situs FAQ WhatsApp, caranya adalah dengan klik menu “Call”. Lalu, klik opsi “Create call link” dan pilih jenis panggilan antara voice call atau video call. Setelah itu, klik “Share link” untuk membagikan tautan.

3. Reaksi emoji di status WA

Ilustrasi fitur baru emoji reaksi di Status WhatsApp.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Ilustrasi fitur baru emoji reaksi di Status WhatsApp.

Fitur status WA juga mendapatkan pembaruan di Oktober ini. Pengguna kini bisa memberikan reaksi dengan emoji pada status WA yang diunggah oleh pengguna lain. Untuk memberikan reaksi emoji di status WA, caranya cukup mudah.

Pengguna tinggal lihat status WA yang tersedia, lalu klik opsi “Balas”. Selanjutnya, pilih emoji yang ingin digunakan untuk menanggapi status tersebut. Setidaknya ada delapan jenis emoji yang dapat dipilih, sebagaimana termuat dalam gambar di atas.

Baca juga: 4 Penyebab serta Cara Mengatasi Tidak Bisa Update WhatsApp di Android dan iOS

4. Keluar grup WA diam-diam

Ilustrasi fitur keluar grup WA diam-diam. Pemberitahuan keluar grup tidak muncul di anggota biasa (tengah). Namun, tetap muncul di admin (pojok kanan).KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi fitur keluar grup WA diam-diam. Pemberitahuan keluar grup tidak muncul di anggota biasa (tengah). Namun, tetap muncul di admin (pojok kanan).

Fitur keluar grup WA diam-diam atau tanpa diketahui bukanlah fitur yang baru hadir di bulan ini. Fitur ini sejatinya telah digelontorkan sejak Agustus lalu ke pengguna. Dengan demikian, beberapa pengguna mungkin sudah mendapatkannya lebih dulu.

Melalui fitur ini, pengguna bisa keluar atau “left” grup WA tanpa muncul notifikasi seperti ini “ABC keluar” atau “ABC left”, yang biasa muncul di ruang obrolan dan dapat dilihat oleh anggota lain.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com