Kompas.com - Diperbarui 21/10/2022, 20:14 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Oppo Indonesia mengajak sejumlah awak media untuk mendatangi pabrik barunya yang berlokasi di Jl. Bayur, Periuk, Kota Tangerang, Banten pada Selasa (18/10/2022).

Dalam sesi kunjungan tersebut, vendor ponsel asal China ini mengizinkan KompasTekno untuk melihat-lihat sejumlah ruangan di dalam pabrik yang beroperasi sejak 1 Agustus 2022 itu.

Ruangan-ruangan ini berfungsi untuk membuat sebuah ponsel Oppo yang dijual ke pasar. Beberapa ruangan yang kami kunjungi di pabrik seluas sekitar 10 hektar tersebut mencakup Warehouse, Production Line, hingga Quality Control Lab.

Business Performance Manager PT Bright Mobile Telecommunication (Oppo Indonesia), Jefry Firman de Haan mengatakan Warehouse merupakan satu ruangan gudang raksasa yang berfungsi untuk menyimpan aneka komponen yang dibutuhkan untuk memproduksi smartphone.

Baca juga: Oppo Tanggapi Kabar Rencana Pabrik Baru di Tangerang

"Ruangan ini juga dipakai untuk menyimpan produk Oppo yang sudah dirakit dan siap dikirimkan ke pasar," jelas Jefry kepada awak media.

Ilustrasi gedung utama pabrik Oppo Bayur.KOMPAS.com/Oik Yusuf Araya Ilustrasi gedung utama pabrik Oppo Bayur.

Nantinya, berbagai komponen yang tersimpan di Warehouse, seperti baterai, kamera, motherboard, dan lain sebagainya akan dipindahkan ke ruangan Production Line sesuai dengan kebutuhan.

"Berbeda dengan pabrik lama yang tidak menggunakan lift, pemindahan komponen di pabrik ini akan menggunakan lift untuk meningkatkan efisiensi produksi," imbuh Jefry.

Fungsi production line

Jefry melanjutkan bahwa Production Line merupakan ruangan utama yang dipakai untuk merakit sebuah ponsel Oppo. Pada pabrik Oppo di Bayur sendiri, Oppo menyiapkan tiga ruangan Production Line.

Di dalam masinh-masing ruangan tersebut, ada kurang lebih tujuh jalur (lane) produksi yang diisi dengan puluhan operator pabrik yang memiliki tugas masing-masing.

Baca juga: Oppo Indonesia Ungkap Seri Ponsel yang Laris Saat Ini

Masing-masing lane akan membuat satu model perangkat, sedangkan tiap operator memiliki tugas alias jobdesk masing-masing, mulai dari merakit komponen awal macam morherboard, memasang antena dan kamera, hingga memasukkan perangkat Oppo ke dalam kotak penjualan.

Ilustrasi ruangan warehouse di pabrik Oppo Bayur di Tangerang.KOMPAS.com/Oik Yusuf Araya Ilustrasi ruangan warehouse di pabrik Oppo Bayur di Tangerang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.