Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengiriman Ponsel Anjlok di Kuartal III-2022, Salah Satu Periode Terburuk

Kompas.com - 19/10/2022, 12:45 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Canalys

KOMPAS.com - Pasar smartphone global tampaknya belum menunjukkan peningkatan alias masih lesu menjelang akhir 2022. Setidaknya begitu menurut firma riset pasar smartphone Canalys dalam laporan terbarunya yang dirilis pekan ini.

Menurut mereka, pasar ponsel global di kuartal-III 2022 (Juli-September) menurun 9 persen dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu. Penurunan tersebut diklaim menjadi penurunan terburuk sejak periode yang sama pada 2014 lalu.

Amber Liu, analis dari Canalys mengatakan bahwa penurunan pasar kali ini disebabkan oleh kondisi ekonomi global yang sedang tidak baik-baik saja.

Karena kondisi tersebut, konsumen menunda untuk membeli smartphone atau barang elektronik baru lainnya demi menghemat uang.

“Perkembangan pasar smartphone sangat sensitif terhadap jumlah permintaan konsumen. Di saat yang sama, vendor smartphone juga menyesuaikan diri dengan kondisi pasar yang kurang baik," ujar Amber, dikutip KompasTekno dari Canalys, Rabu (19/10/2022).

Baca juga: Canalys: Pengiriman Ponsel Dunia Anjlok, Vendor Bakal Habiskan Sisa Stok

Amber melanjutkan bahwa pada kondisi pasar yang menurun seperti ini, vendor smartphone akan berupaya untuk menggelar berbagai promo supaya meningkatkan minat konsumen membeli smartphone baru.

Strategi promosi, diskon, dan lain sebagainya juga bisa dipakai untuk mencegah stok barang menumpuk di gudang dan terbengkalai begitu saja.

Sementara untuk produk baru yang bakal meluncur, Amber menjelaskan bahwa vendor smartphone bakal menerapkan strategi harga yang kompetitif, supaya konsumen tidak takut membeli ponsel baru.

Sanyam Chaurasia yang juga analis dari Canalys memprediksi bahwa kondisi pasar ponsel global di kuartal-IV 2022 mendatang kemungkinan akan sedikit lebih baik dari kuartal sebelumnya.

Hal ini disebabkan oleh adanya berbagai promo penjualan akhir tahun dari para vendor, yang bertepatan dengan momen liburan akhir tahun. Biasanya, momen seperti ini dipakai konsumen untuk membeli ponsel baru.

"Meski demikian, kami rasa terlalu cepat apabila kuartal-IV 2022 nanti menjadi titik balik di mana pasar ponsel global akan pulih sepenuhnya," jelas Sanyam di kesempatan yang sama.

Baca juga: Canalys: Samsung Raja Pasar Ponsel Dunia Kuartal I-2022

5 vendor smartphone teratas kuartal-III 2022

Selain angka penurunan pasar ponsel global di kuartal-III 2022, Canalys juga merilis lima vendor smartphone teratas untuk periode yang sama.

Posisi pertama masih dipegang oleh Samsung dengan pangsa masar (market share) mencapai 22 persen, meningkat 1 persen dibanding kuartal-III 2021. 

Di bawah Samsung ada Apple yang memiliki pangsa pasar 18 persen, meningkat 3 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Kemudian di posisi ketiga sampai kelima diduduki oleh Xiaomi, Oppo, dan Vivo yang masing-masing memiliki pangsa pasar 14, 10, dan 9 persen.

Selengkapnya, berikut daftar lima vendor ponsel teratas di kuartal-III 2022 versi Canalys:

Peringkat Vendor Pangsa Pasar Kuartal-III 2021 Pangsa Pasar Kuartal-III 2022
1. Samsung 21 persen 22 persen
2. Apple 15 persen 18 persen
3. Xiaomi 14 persen 14 persen
4. Oppo 11 persen 10 persen
5. Vivo 11 persen 9 persen
6. Others (merek lain) 28 persen 27 persen
  Total 100 persen 100 persen
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Canalys
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com