Kompas.com - 19/10/2022, 13:30 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Oppo Indonesia membuka pabrik baru yang berlokasi di Jl. Bayur, Periuk, Kota Tangerang, Banten. Baru-baru ini, Oppo mengajak sejumlah awak media menjelajahi pabrik barunya itu, pada Selasa (18/10/2022).

Dalam momen tersebut, Oppo mengungkap bahwa pabrik anyarnya itu memiliki kemampuan untuk memproduksi 1 unit ponsel Oppo dalam hanya waktu 10 detik.

Hal ini disampaikan Business Performance Manager PT Bright Mobile Telecommunication (Oppo Indonesia), Jefry Firman de Haan.

Menurut Jefry, 10 detik tersebut sudah mencakup proses awal seperti proses perakitan (assembly) komponen papan inti (motherboard), kamera, antena, dll hingga proses pengemasan (packing) yang berada di paling akhir.

"Jadi setiap 10 detik, satu ponsel Oppo akan keluar dari area packing dan menjadi sebuah produk yang sudah dikemas lengkap dengan plastik," jelas Jefry kepada KompasTekno.

Baca juga: Melihat Isi Pabrik Baru Oppo di Bayur Tangerang Seluas 10 Hektar

Jefry melanjutkan, dalam waktu 10 detik tersebut, puluhan operator pabrik akan melakukan perakitan dan pengemasan satu unit ponsel Oppo secara urut dan bergantian dengan cepat, sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Nah, apabila kita mengkalkulasikan jumlah produksi ponsel Oppo dalam satu hari dengan gambaran satu unit ponsel akan diproduksi dalam waktu 10 detik, maka Oppo agaknya bakal bisa membuat sekitar 8.600 unit ponsel per harinya.

PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto (kiri) dan Business Performance Manager PT Bright Mobile Telecommunication (Oppo Indonesia), Jefry Firman de Haan (kanan) dalam kunjungan media ke Pabrik Oppo Bayur, Selasa (18/10/2022).KOMPAS.com/Oik Yusuf PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto (kiri) dan Business Performance Manager PT Bright Mobile Telecommunication (Oppo Indonesia), Jefry Firman de Haan (kanan) dalam kunjungan media ke Pabrik Oppo Bayur, Selasa (18/10/2022).

Angka itu berasal dari perhitungan 1 hari yang setara dengan 86.400 detik, lalu dibagi dengan 10 detik, dan dikalikan dengan 1 unit ponsel sehingga muncul angka 8.600 unit ponsel.

Meski demikian, rata-rata ponsel Oppo yang bisa diproduksi per hari ternyata tidak mencapai angka tersebut.

Pasalnya, ada sejumlah aturan yang diterapkan pabrik Oppo terkait proses produksi perangkat seperti adanya waktu istirahat operator, penghentian jalur produksi total jika ada masalah, dan lain sebagainya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.