Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Umumkan Android 13 Go, Bawa Material You ke HP "Pas-pasan"

Kompas.com - 20/10/2022, 09:31 WIB

KOMPAS.com - Google resmi mengumumkan kehadiran Android 13 Go Edition, Kamis (20/10/2022). Ini merupakan sistem operasi yang dirancang untuk ponsel murah di segmen entry-level dengan spesifikasi rendah atau spek "pas-pasan".

Android 13 Go ini menjadi penerus Android 12 Go yang dirilis tahun lalu. Sebagai suksesor, Google menyertakan sejumlah pembaruan pada Android 13 Go.

Dari segi desain, untuk pertama kalinya, Google menyertakan bahasa desain antarmuka (user interface/UI) "Material You" ke Android 13 Go.

Material You sendiri pertama kali hadir di Android 12 tahun lalu. Namun, ketika itu, Android 12 Go belum mendapatkan fitur ini.

Baca juga: Samsung Gelontorkan Android 13 Bulan Ini, Galaxy S22 Kebagian Pertama

Dengan hadirnya Material You ke Android 13 Go, pengguna ponsel dengan spesifikasi rendah kini juga bisa membuat palet warna di layar notifikasi, lock screen, menu pengaturan volume, widget, dan lainnya menjadi terlihat senada.

Caranya, pengguna bisa memilih salah satu wallpaper. Nantinya sistem akan secara otomatis menentukan warna apa yang dominan, dan terlihat bagus untuk ditampilkan di seluruh antarmuka ponsel.

Tampilan Material You di ponsel yang menjalankan Android 13 Go Edition.Blog Google Tampilan Material You di ponsel yang menjalankan Android 13 Go Edition.
Google juga menghadirkan Google Play System Updates ke perangkat Go. Ini bakal membantu memastikan perangkat dapat secara teratur menerima pembaruan perangkat lunak (software) penting, di luar rilis Android utama.

Pembaruan Sistem Google Play akan membuat penggelontoran pembaruan penting menjadi cepat dan sederhana, tanpa mengorbankan memori di perangkat Go yang sangat terbatas.

Android 13 Go juga memiliki fitur Discover, memungkinkan pengguna bisa melihat daftar artikel dan konten terkurasi di home screen ponselnya.

Google juga menghadirkan beberapa fitur utama Android 13 ke Android 13 Go. Misalnya, fitur Notification Permissions untuk mengatur izin notifikasi dari aplikasi di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.