Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Huawei Matepad C5e Meluncur, Tablet Android yang Andalkan Fitur Keamanan

Kompas.com - 20/10/2022, 18:45 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Huawei meluncurkan tablet baru bertajuk MatePad C5e untuk pasar global. Menurut Huawei, tablet ini dirancang dengan berbagai fitur penunjang bisnis. Kendati demikian, perangkat ini juga bisa mengakomodasi aktivitas lainnya seperti hiburan dan lain sebagainya.

Sebagai tablet bisnis, Huawei menyertakan beragam fitur keamanan seperti pengaturan APN, dukungan untuk hanya menginstal aplikasi resmi, manajemen jaringan yang akan menjaga keamanan pengguna hingga fitur untuk membatasi konektivitas, port serta kamera perangkat.

Selain itu, Huawei MatePad C5e juga mengenkripsi data pengguna serta kata sandi perangkat, hingga menyimpan data antar-aplikasi dalam folder terpisah yang tidak dapat diakses oleh aplikasi lainnya.

Baca juga: Telkomsel-Huawei Rilis Modem WiFi Orbit Star H1, Harga Rp 700.000-an

Huawei juga menyediakan pengaturan reset ulang perangkat yang aman, guna menghapus data secara permanen dan mencegah pemulihan data secara ilegal.

Spesifikasi Huawei MatePad C5e

Desain Huawei MatePad C5e cukup simpel dan tak ubahnya tablet merek lain. Layarnya berjenis IPS LCD dengan diagonal 10,1 inci. Layar ini menawarkan resolusi Full HD (1920 x 1200 piksel), 16,7 juta warna serta kerapatan piksel 224 ppi.

Bezel layarnya tampak cukup tebal di setiap sisi. Adapun punggungnya dihias dengan penampang yang tampil elegan tanpa hiasan yang mencolok.

Untuk dapur pacu, tablet ini ditenagai oleh chip Kirin 710A, yaitu chip octa-core yang menawarkan CPU berkecepatan hingga 2.0 GHz dan GPU Mali G51.

Kirin 710A pada Huawei MatePad C5e dipadukan dengan RAM 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB.

Huawei MatePad C5eHuawei Huawei MatePad C5e

Tablet ini juga dibekali kamera baik di depan maupun belakang. Kamera belakangnya memiliki resolusi 5 MP, sedangkan kamera depannya mengusung resolusi 2 MP. Untuk kamera depan, posisinya berada di samping ponsel, sehingga pas digunakan dalam orientasi landscape.

Baca juga: Huawei Nova 10 SE Meluncur dengan Kamera 108 MP

Untuk aspek daya, Huawei MatePad C5e dibekali kapasitas baterai 5.100 mAh. Sayangnya Huawei tak menyertakan dukungan pengisian cepat untuk isi ulang baterai tablet barunya ini.

Fitur lainnya yang disematkan pada Huawei MatePad C5e yaitu speaker ganda, USB tipe-C, Bluetooth 5.1, dan WiFi dual band.

Dihimpun KompasTekno dari situs resmi Huawei global, tablet ini menggunakan EMUI 10.1 yang berbasis Android 10, bukan HarmonyOS 2.0.

Meski demikian, Huawei MatePad C5e tidak dilengkapi dengan sejumlah aplikasi bawaan dari Google seperti Google Play Store, Gmail, Maps dan lain sebagainya. Pasalnya, hingga kini Huawei masih masuk dalam "daftar hitam" pemerintah Amerika Serikat, sehingga perusahaan tidak bisa sepenuhnya memakai teknologi dari AS.

Harga Huawei MatePad C5e

Huawei MatePad C5e akan memulai debutnya di Jepang, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Kamis (20/10/2022). Selanjutnya, tablet ini akan tersedia pula di berbagai negara lainnya.

Harga Huawei MatePad C5e dibanderol 30.000 yen atau setara Rp 3,1 juta. Huawei MatePad C5e hanya tersedia dalam satu warna, yaitu warna Deep Sea Blue. Belum diketahui apakah Huawei akan memboyong tablet ini ke Indonesia atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com