Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo A17k Resmi Meluncur, Ponsel Murah dengan Baterai 5.000 mAh

Kompas.com - 21/10/2022, 08:00 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Oppo diam-diam meluncurkan smartphone kelas entry-level anyarnya, Oppo A17k di India. Smartphone ini merupakan penerus dari Oppo A16k yang dirilis di India pada Januari 2022 lalu.

Hadir dengan pilihan warna Gold dan Navy Blue, Oppo A17k memiliki bodi dengan ketebalan 8,29 mm dan bobot 189 gram.

Spesifikasi Oppo A17k mencakup layar 6,56 inci yang mendukung resolusi HD Plus (1.612 × 720 piksel), refresh rate 60 Hz, serta tingkat kecerahan maksimum 600 bits.

Serupa dengan pendahulunya, Oppo A17k masih mempertahankan lubang punch hole berbentuk seperti tetesan air tempat menampung kamera depan 5 MP. Sedangkan di bagian punggung, terdapat satu buah kamera 8 MP (f/2.0) yang didampingi dengan lampu LED Flash.

Di sektor dapur pacu, Oppo A17k mengandalkan chipset MedaTek Helio G35 yang memiliki kecepatan hingga 2,3 GHz. Chipset tersebut dipadu dengan RAM 3 GB dan kapasitas penyimpanan sebesar 64 GB.

Baca juga: Oppo A17 Masuk Indonesia, Desain Bertekstur Kulit Harga Rp 2 Juta

Kapasitas RAM Oppo A17k bisa diperluas hingga 7 GB dengan "meminjam" memori penyimpanan sebagai RAM virtual. Smartphone ini juga dilengkapi sebuah laci yang dapat menampung kartu microSD berkapasitas hingga 1TB.

Oppo A17k menjalankan sistem operasi (OS) Android 12 yang dilapisi antarmuka ColorOS 12.1. Di sektor daya, ponsel ini ditopang dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Sayangnya, masih belum diketahui seberapa besar arus teknologi pengisian daya pada charger.

Fitur lain dari Oppo A17k mencakup sensor sidik jari yang di pada tombol power, sertifikasi tahan debu IPX4.

Dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Jumat (21/10/2022), harga Oppo A17k di India sebesar 10.500 Rupee atau sekitar Rp 1,9 juta.

Segera masuk Indonesia?

Oppo A17K muncul di situs Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Kementerian PerindustrianKemenprin Oppo A17K muncul di situs Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian

Oppo A17k kemungkinan besar akan segera masuk ke Indonesia. Tanda-tanda kehadiran Oppo A17k di Indonesia diperkuat dengan munculnya sebuah smartphone yang sudah lulus uji sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Ponsel misterius itu memiliki  nomor model Oppo CPH2471 dan terdaftar dengan nomor sertifikat 3935/SJ-IND.8/TKDN/8/2022. Ponsel ini diketahui sudah mengantongi nilai TKDN sebesar 35,80 persen.

Berdasarkan penelusuran KompasTekno, nomor model yang sama juga sudah muncul di laman sertifikasi postel Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Sayangnya, tidak disebutkan merek untuk nomor model tersebut.

Baca juga: Tanda-tanda Ponsel “Entry Level” Oppo A17K Masuk Indonesia

Apabila mengacu pada situs Infocomm Media Development Authority (IMDA) Singapore, nomor model itu cocok dengan Oppo A17k.

Nomor model yang sama juga tercantum di halaman Kantor Standarisasi India (BIS), memperkuat indikasi bahwa Oppo A17k akan segera diluncurkan ke Indonesia, Singapura, dan India.

Sejauh ini dapat dipastikan bahwa Oppo A17k akan hadir dengan dukungan konektivitas yang mentok di 4G, mengingat pada bagian kolom “spesifikasi” tertulis keterangan 4G LTE.

Kendati demikian, masih belum diketahui secara pasti apakah Oppo A17k akan membawa spesifikasi yang sama dengan model yang meluncur di India.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmochina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com