Kompas.com - 21/10/2022, 19:30 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Samsung kembali mengumumkan sensor kamera 200 megapiksel (MP) terbarunya yang dinamai Isocell HPX pekan ini.

Sensor kamera itu merupakan sensor kamera ketiga Samsung yang memiliki resolusi 200 MP setelah Isocell HP1 (September 2021) dan Isocell HP3 (Juni 2022).

Dibandingkan generasi sebelumnya, Isocell HPX tentunya dibekali dengan berbagai peningkatan, salah satunya adalah pada aspek foto jarak jauh (telefoto).

Menurut Samsung, Isocell HPX mendukung fitur 4x lossless zoom. Artinya, mode pemotretan yang diperbesar empat kali akan memiliki kualitas yang sama dengan gambar yang tidak diperbesar sama sekali.

Fitur tersebut juga dipadukan dengan teknologi Deep Trench Isolation (DTI), yang memungkinkan sensor kamera lebih sensitif terhadap cahaya. Dengan begitu, tiap piksel yang ada di dalam gambar akan semakin tajam.

Teknologi ini juga dipadukan dengan kemampuan render sensor kamera yang mampu menghasilkan gambar dengan 4 triliun warna (14-bit), meningkat 64 kali lipat dari 58 miliar warna (12-bit) di generasi sebelumnya.

Di atas kertas, ukuran tiap piksel yang diproduksi Isocell HPX diklaim berkurang 12 persen dari generasi sebelumnya, yaitu dari 0,64 mikron ke 0,56 mikron. Karena lebih kecil, detail gambar yang ditangkap tentunya akan semakin banyak.

Baca juga: Xiaomi 12T Pro Meluncur, HP Xiaomi Kamera 200 MP Pertama

Mode pemotretan sesuai kondisi cahaya

Modul kamera belakang yang bisa diperkecil dengan Isocell HPX.Gizchina Modul kamera belakang yang bisa diperkecil dengan Isocell HPX.

Secara otomatis, Isocell HPX bakal menyesuaikan mode pemotretan sesuai dengan kondisi lingkungan. Apabila cahaya di sekitar obyek cukup terang, maka ponsel akan menggunakan mode 200 MP dengan besar tiap piksel 0,56 mikron.

Lalu jika pencahayaan kurang, ponsel akan menggunakan mode 50 MP dan meningkatkan besar tiap piksel dalam gambar menjadi 1,12 mikron. Sementara apabila suasana gelap gulita, ponsel akan menggunakan mode kamera 12,5 MP dengan besar tiap piksel 2,24 mikron.

Halaman:
Sumber GizChina


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.