Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/10/2022, 19:01 WIB

KOMPAS.com - Google menaikkan harga berlangganan YouTube Premium untuk beberapa negara, termasuk di Indonesia. Akan tetapi, tidak semua paket YouTube Premium mengalami kenaikkan harga.

Perubahan harga YouTube Premium di Indonesia disampaikan Google melalui sebuah pemberitahuan yang diterima oleh seluruh pelanggan YouTube Premium via e-mail, termasuk KompasTekno.

Dalam e-mail tersebut, Google mengatakan bahwa mereka bakal menaikkan harga berlangganan YouTube Premium Family Plan sebesar Rp 10.000.

Baca juga: YouTube Premium Kini Bisa Download Video ke Laptop

Harga berlangganan YouTube Premium.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Harga berlangganan YouTube Premium.

"Kami akan meningkatkan harga berlangganan YouTube Premium Family Plan dari Rp 89.000 per bulan ke Rp 99.000 per bulan," tulis Google.

Pantauan KompasTekno, kenaikan harga ini akan berlaku efektif pada 22 November 2022 mendatang atau satu bulan dari sekarang.

Pengguna Family Plan yang sudah lama berlangganan harus membayar ekstra Rp 10.000 ketika tagihan mereka jatuh di 22 November 2022 atau setelah tanggal tersebut.

Jika tagihannya jatuh sebelum 22 November 2022, maka mereka masih akan membayar harga yang sama, yaitu Rp 89.000.

Sementara itu bagi pelanggan YouTube Premium Family Plan baru, mereka harus membayar harga berlangganan yang baru saja diterapkan, yaitu Rp 99.000.

Baca juga: Marak Jual Beli Akun Netflix, Spotify, dan YouTube Premium di Indonesia, Legalkah?

Belum diketahui apakah harga berlangganan paket lainnya, yaitu Invididual Plan dan Student Plan akan ikutan naik pada 22 November 2022 atau tidak.

KompasTekno telah menghubungi pihak Google Indonesia untuk meminta keterangan terkait hal tersebut. Google mengatakan, sejauh ini hanya harga YouTube Premium Family Plan saja yang mengalami perubahan.

Sementara itu, harga YouTube Premium untuk paket Individual Plan dan Student Plan terpantau masih sama dengan harga lama, yaitu Rp 59.000 dan Rp 34.990 per bulan.

Apabila ada perubahan harga, Google mengatakan akan menginformasikan ke pelanggan minimal 30 hari sebelum kenaikan harga berlaku melalui e-mail.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.