Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muncul Tanda Lingkaran Hijau di Foto Profil WhatsApp, Apa Artinya?

Kompas.com - 23/10/2022, 08:00 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Belakangan ini, sebagian dari Anda mungkin sempat menjumpai tanda lingkaran hijau pada WhatsApp. Untuk diketahui, tanda lingkaran dengan garis warna hijau itu merupakan salah satu fitur baru dari aplikasi pesan instan yang biasa disebut juga dengan WA.

Tanda lingkaran hijau pada WhatsApp bakal muncul di foto profil pengguna dalam dua tempat. Pertama, di foto profil yang terdapat dalam halaman ruang obrolan WA. Kemudian, di foto profil yang terletak dalam halaman informasi pengguna.

Baca juga: Apa Arti Chat Bertanda Lingkaran di WhatsApp dan Bagaimana Bisa Muncul?

Lingkaran hijau di foto profil WA tidaklah muncul setiap waktu. Contoh kemunculan tanda lingkaran hijau di foto profil WA dalam dua tempat tersebut dapat dilihat lewat gambar yang tertera di bawah ini.

Ilustrasi tanda lingkaran di foto profil WA yang muncul dalam halaman informasi pengguna (kanan) dan halaman ruang obrolan (kiri).KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi tanda lingkaran di foto profil WA yang muncul dalam halaman informasi pengguna (kanan) dan halaman ruang obrolan (kiri).

Berdasarkan gambar di atas, lantas apa itu lingkaran hijau pada WhatsApp? Bila Anda baru saja melihat dan penasaran untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut adalah penjelasan lengkap soal arti lingkaran hijau pada WhatsApp.

Baca juga: 5 Fitur WhatsApp Terbaru Oktober 2022, Termasuk Bisa Kembalikan Chat yang Dihapus

Arti lingkaran hijau pada WhatsApp

Tanda lingkaran hijau seperti yang tertera pada gambar di atas hanya muncul dalam kondisi tertentu. Pada dasarnya, lingkaran hijau di foto profil WA adalah tanda yang menunjukkan bahwa terdapat unggahan atau pembaruan status dari pengguna lain.

Jadi, tanda tersebut hanya akan muncul ketika pengguna lain yang terdaftar sebagai kontak telah mengunggah atau memperbarui status WA. Tanda lingkaran hijau di foto profil WA bisa diketuk (klik) untuk melihat status yang tengah diunggah oleh pengguna lain.

Dengan adanya tanda lingkaran hijau itu, Anda jadi tak perlu membuka menu “Status” supaya bisa melihat status WA yang diunggah oleh pengguna lain. Tanda ini akan menghilang saat status WA dari pengguna itu telah berakhir waktu tayangnya.

Kemudian, lingkaran hijau di foto profil WA juga akan menghilang ketika Anda telah melihat semua status WA yang diunggah oleh pengguna lain. Demikianlah penjelasan seputar arti lingkaran hijau pada WhatsApp.

Sebagai informasi tambahan, fitur tanda terdapat unggahan status WA ini sejatinya telah diumumkan dan diuji coba pihak WhatsApp sejak Agustus lalu. Namun, kemungkinan besar baru digelontorkan ke handphone (HP) Android dan iPhone akhir-akhir ini.

Untuk iPhone, berdasarkan pantauan KompasTekno, warna dari tanda lingkaran di foto profil WA bukanlah hijau, melainkan biru. Kendati berbeda warna, tanda lingkaran di foto profil WA iPhone secara fungsi dan letaknya tetap sama.

Baca juga: 3 Website untuk Membuat Nada Dering WA Keren, Tak Cuma Bisa Suara Google

Seandainya Anda belum mendapatkan fitur tanda lingkaran di foto profil WA silakan coba untuk memperbarui versi aplikasi WhatsApp lewat Google Play Store (untuk HP Android) atau App Store (untuk iPhone).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com