Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024

Wajah "Asli" Semut Terungkap dari Kompetisi Foto, Mirip Monster Marah

Kompas.com - Diperbarui 25/10/2022, 08:54 WIB

KOMPAS.com - Pernah membayangkan seperti apa wajah semut? Kini, wajah makhluk kecil itu akhirnya terungkap dari kompetisi foto tahunan Nikon, “2022 Nikon Small World Photomicrography Competition”.

Kompetisi fotografi mikro tersebut digelar Nikon karena ada begitu banyak hal di dunia yang dapat dilihat dengan mata telanjang. Hanya saja setiap orang butuh bantuan untuk melihat lebih jelas, termasuk hal-hal kecil seperti wajah semut tadi.

Foto wajah semut itu menjadi bagian dari seluruh foto yang diterima Nikon di kompetisi fotografi mikro 2022. Fotografer yang berhasil memotret wajah semut tersebut bernama Eugenijus Kavaliauskas.

Baca juga: Link Download Foto Galaxy Teleskop Angkasa James Webb untuk Wallpaper HP dan Laptop

Hasil foto tersebut cukup membuat bingung, karena wajah yang berhasil dipotret sangat tidak disangka-sangka. Wajah semut tersebut tampak seperti monster yang penuh dengan amarah, kebencian, dan siap menerkam musuhnya.

Matanya yang berwarna merah menatap dengan tajam. Bagian atas kedua mata semut juga terdapat tanduk. Lalu, di bagian bawah sekitar mulut, terdapat garis-garis berwarna kuning yang terlihat seperti gigi dari makhluk kecil tersebut. Wajah semut secara keseluruhan juga tampak bersisik.

Menurut penjelasan sang fotografer, foto tersebut bisa dipotret karena rumahnya dekat dengan hutan. Sehingga membuat Kavaliauskas mudah untuk mencari dan memotret semut.

Wajah semut berhasil didapatkan setelah melakukan perbesaran gambar sebanyak lima kali melalui mikroskop. Sang fotografer juga menambahkan bahwa pada dasarnya tidak ada kengerian di alam ini.

“Saya selalu mencari (foto) detail, bayangan, dan sudut yang tidak terlihat. Tujuan fotografi adalah menjadi penemu. Saya terpesona oleh mahakarya Sang Pencipta, dan (memiliki) kesempatan untuk melihat rancangan Tuhan,” ujar Kavaliauskas, dirangkum KompasTekno dari Independent, Senin (24/10/2022).

Foto wajah semut karya Kavaliauskas sendiri berhasil masuk ke dalam daftar finalis lomba fotografi mikro Nikon.

Pemenang kompetisi

Foto tangan embrio tokek di MadagaskarNikon Foto tangan embrio tokek di Madagaskar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke