Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Polling WhatsApp Bakal Hadir di Percakapan Pribadi?

Kompas.com - 24/10/2022, 10:42 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - WhatsApp menguji banyak fitur baru. Mulai dari fitur jajak pendapat (polling) di grup, takarir (caption) untuk dokumen, WhatsApp Status yang bisa dilihat dari daftar obrolan pengguna, hingga fitur edit pesan.

Yang paling baru, WhatsApp dilaporkan tengah menguji coba fitur polling untuk ruang obrolan pribadi (personal chat/PC). Sebelumnya fitur ini tengah diuji untuk obrolan grup.

Kabar fitur polling yang akan hadir di percakapan pribadi ini terendus oleh WABetaInfo, yang kerap memberi bocoran fitur-fitur WhatsApp dengan akurat, sebelum resmi meluncur.

Baca juga: Fitur Polling Instagram Stories Kini Bisa Munculkan 4 Opsi, Indonesia Sudah Kebagian

Menurut WABetaInfo, fitur polling untuk personal chat sedang diuji coba menguji coba kepada sejumlah pengguna lewat pembaruan WhatsApp beta Android versi 2.22.23.12.

WhatsApp dilaporkan tengah menguji coba fitur polling untuk personal chat.WABetaInfo WhatsApp dilaporkan tengah menguji coba fitur polling untuk personal chat.
Dalam tangkapan layar yang dibagikan WABetaInfo, seperti gambar di atas, fitur polling di PC memiliki tampilan yang sama persis dengen fitur polling yang ditujukan untuk grup.

Belum jelas, dimana opsi polling bakal diletakkan di dalam grup. Namun, berdasarkan gambar yang dibagikan WABetaInfo, fitur polling bakal memiliki nama "Create Poll".

Di jendela "Create Poll" itu, pengguna bisa memasukkan pertanyaan, lengkap dengan opsi jawaban. Menurut WABetaInfo, pengguna bisa menampilkan hingga 12 opsi jawaban dalam satu jajak pendapat.

Baca juga: Muncul Tanda Lingkaran Hijau di Foto Profil WhatsApp, Apa Artinya?

Nantinya, pengguna tampaknya perlu mencentang salah satu opsi, lalu mengeklik "vote" untuk mengikuti polling.

Fitur polling WhatsApp, baik di grup maupun di chat personal ini konon dienkripsi end-to-end. Sehingga tidak akan ada yang mengetahui detailnya termasuk perusahaan pemilik aplikasi WhatsApp, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari situs WABetaInfo, Senin (24/10/2022).

Belum diketahui secara pasti kapan WhatsApp bakal meluncurkan fitur polling untuk grup dan chat personal ke publik. Kita tunggu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber WABetaInfo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com