BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Bisa Hasilkan Gambar Berkualitas, Ini 4 Fitur Fotografi yang Wajib Dimiliki Smartphone Terkini

Kompas.com - 24/10/2022, 12:31 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Saat ini, kamera pada smartphone tak lagi dianggap sebagai pelengkap. Kamera tersebut sudah menjadi satu kesatuan yang menjadi nilai jual suatu smartphone.

Selain kamera, brand smartphone juga membekali sejumlah teknologi fotografi untuk memberikan hasil foto paripurna kepada penggunanya. Keberadaan fitur-fitur itu bahkan mampu meningkatkan hasil jepretan kamera smartphone selayaknya menggunakan kamera profesional.

Dengan keunggulan tersebut, pengguna tidak perlu lagi membawa kamera profesional yang umumnya berukuran besar.

Lalu, apa saja teknologi fotografi terkini yang wajib ada di smartphone terbaru? Simak ulasan berikut.

1. Bokeh Flare Portrait

Fitur Bokeh Flare Portrait memungkinkan kamera smartphone menghasilkan foto bokeh selayaknya kamera profesional. Fitur ini membuat hasil foto dapat fokus pada wajah dengan mengaburkan latar.

Hal tersebut bisa didapat berkat algoritma artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. AI pada fitur Bokeh Flare Portrait bisa memisahkan subyek foto dengan latar belakang.

Fitur Bokeh Flare Portrait mampu memisahkan subyek foto dengan latar. DOK. Oppo Indonesia. Fitur Bokeh Flare Portrait mampu memisahkan subyek foto dengan latar.

Hasilnya, subyek foto dipotret secara detail dan tajam. Sementara itu, latar belakang yang dibuat kabur menjadi penunjang fokus pada subyek. Dengan demikian, hasil foto menjadi lebih dramatis.

2. Selfie HDR

Pencinta aktivitas swafoto atau selfie perlu mempertimbangkan smartphone yang dilengkapi fitur Selfie HDR. Fitur fotografi yang tersemat pada kamera depan ponsel ini bisa memberikan hasil foto selfie yang jelas dengan pencahayaan sempurna.

Baca juga: Oppo Reno8 Series Akan Mendapat ColorOS 13, Berikut Kecanggihan yang Bakal Didapat Pengguna

Fitur Selfie HDR yang dilengkapi algoritma AI dapat mengoptimalkan kecerahan hasil foto secara otomatis, bahkan dalam situasi pencahayaan yang minim atau berlebihan.

Fitur Selfie HDR mampu memberikan pencahayaan yang tepat sesuai dengan kondisi di lapangan. DOK. Oppo Indonesia. Fitur Selfie HDR mampu memberikan pencahayaan yang tepat sesuai dengan kondisi di lapangan.

Berkat algoritma AI, kamera dapat menyesuaikan subyek foto dan lingkungan sekitar sehingga gambar yang dihasilkan tetap jernih dan kaya warna.

3. AI Portrait Retouching

Fitur fotografi canggih berikutnya adalah AI Portrait Retouching. Fitur ini dapat menganalisis usia, jenis kelamin, dan penampilan unik subyek foto. Dengan fitur ini, pengguna dapat menghasilkan foto close up dengan tetap mempertahankan kecantikan alami subyek foto.

Fitur AI Portrait Retouching dapat membuat hasil foto menjadi lebih cantik dna indah. DOK. Oppo Indonesia. Fitur AI Portrait Retouching dapat membuat hasil foto menjadi lebih cantik dna indah.

Fitur AI Portrait Retouching bekerja dengan memperbaiki warna kulit atau riasan. Fitur ini juga dapat melakukan penghapusan noda pada wajah, seperti noda bekas jerawat.

4. Microlens

Fitur Microlens merupakan salah satu inovasi teknologi pada smartphone yang mengubah lanskap mobile photography. Pasalnya, fitur ini memungkinkan pengguna smartphone dapat menghasilkan foto mikroskopis melalui pembesaran 30 kali.

Baca juga: Menilik Keandalan Performa Oppo Reno8 Pro 5G untuk Produktivitas dan Akses Hiburan

Sebelum fitur ini diperkenalkan, pengguna yang ingin menangkap obyek foto kecil, seperti serangga, memerlukan lensa tambahan. Dengan fitur Microlens, smartphone tak perlu diberi lensa tambahan untuk keperluan tersebut.

Hasil jepretan kamera makro menggunakan Microlens. DOK. Oppo Indonesia. Hasil jepretan kamera makro menggunakan Microlens.

Salah satu smartphone yang memiliki fitur ini adalah Oppo Reno8. Saat fitur Microlens diaktifkan, smartphone akan menampilkan skala milimeter secara otomatis pada layar untuk membantu pengguna memahami lebih baik perspektif baru dunia mikro.

Guna memberikan pencahayaan optimal, fitur Orbit Light yang mengelilingi Microlens pada Oppo Reno8 juga akan menyala.

Orbit Light dapat menerangi obyek sehingga pengguna jadi lebih mudah saat memotret obyek mikroskopis. Desain Orbit Light yang berbentuk bulat juga membantu pengguna lebih fokus ke obyek saat melakukan foto makro.

Itulah teknologi fotografi yang harus ada pada smartphone terkini untuk dapat menghasilkan gambar terbaik. Jika sedang mencari ponsel dengan keempat fitur tersebut, Oppo Reno8 dapat menjadi pilihan.

Selain keempat fitur fotografi canggih tersebut, smartphone Reno Series terbaru itu juga dibekali fitur fotografi mumpuni lain, seperti 64 Megapiksel (MP) AI Portrait Camera, Ultra-Clear 108 MP Image, serta Flash Snapshot.

Baca juga: Berkat Teknologi Super-Conductive VC Liquid Cooling System, Main Game di Oppo Reno8 5G Tetap Dingin

Selain fitur, lensa kamera yang disematkan pada Oppo Reno8 juga tak kalah berkualitas. Untuk kamera depan, Oppo Reno8 mengadopsi desain layar berlubang (punch hole) sebagai wadah lensa beresolusi 32 MP (f/2.4) dengan sensor Sony IMX709.

Sensor tersebut mampu menangkap 60 persen cahaya lebih banyak sehingga menghasilkan foto dengan warna alami dan realistis.

Sementara itu, kamera belakangnya terdiri dari kamera utama 64 MP (f/1.7), kamera kedua depth sensor 2 MP (f/2.4), dan kamera makro 2 MP (f/3.3).

Untuk tampilan, Oppo Reno8 mengadopsi konsep ultra-slim retro design. Konsep ini membuat smartphone jadi elegan dan bergaya dengan bobot ringan.

Dari segi layar, Oppo Reno8 dibekali panel AMOLED dengan rentang diagonal 6,4 inci dan beresolusi 2.400 x 1.080 piksel (Full HD). Layar ini memiliki refresh rate 90 Hertz (Hz), tingkat kecerahan maksimum 600 nits, serta kerapatan piksel sebesar 409 PPI.

Ilustrasi pengguna Oppo Reno8.DOK. Oppo Indonesia. Ilustrasi pengguna Oppo Reno8.

Untuk dapur pacu, Oppo Reno8 dibekali chipset Snapdragon 680. Chipset ini dipadukan dengan random access memory (RAM) 8 gigabita (GB) dan memori penyimpanan data internal 256 GB.

Bila dirasa kurang, pengguna dapat menggunakan fitur RAM Expansion untuk menambah kapasitas RAM hingga 5 GB. Dengan fitur ini, total RAM yang bisa dinikmati pengguna mencapai 13 GB.

Pada sektor daya, Oppo Reno8 memiliki baterai berkapasitas 4.500 miliampere-hour (mAh). Baterainya sudah didukung teknologi pengisian daya (fast charging) SuperVOOC 33 watt. Teknologi ini diklaim dapat mengisi daya sampai penuh (0-100 persen) dalam kurun waktu 60 menit.

Oppo Reno8 memiliki dua varian warna, yakni Dawnlight Gold dan Starlight Black. Anda bisa membeli Oppo Reno8 seharga Rp 4.999.000 secara daring di seluruh e-commerce di Indonesia dan aplikasi Oppo Store.

Selain online, Oppo Reno8 juga bisa didapatkan di jaringan Oppo Store dan partner retail resmi Oppo di seluruh Indonesia.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai Oppo Reno8, sila klik tautan ini.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com