Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumor PS5 Pro: Bocoran Spesifikasi dan Waktu Peluncuran

Kompas.com - 24/10/2022, 17:00 WIB

KOMPAS.com - Usia konsol PlayStation 5 (PS5) hampir menginjak dua tahun. Apabila mengacu pada konsol pendahulunya, ada kemungkinan Sony bakal meluncurkan konsol versi Pro untuk PS5.

Desas-desus kehadiran konsol PlayStation 5 Pro (PS5 Pro) sudah terdengar sejak beberapa waktu lalu. Kini, rumor tersebut semakin diperkuat dengan kabar yang disampaikan Tez2, orang dalam Rockstar yang kerap membocorkan game Grand Theft Auto (GTA).

Melalui forum diskusi online GTA Forums, Tez2 mengatakan bahwa Sony telah membagikan developer kit (devkit) PS5 Pro kepada para studio game AAA.

Baca juga: Dua Tahun Meluncur, PS5 Sudah Ada Jailbreak-nya

Tez2 menuturkan bahwa tools khusus yang ditujukan untuk membantu mengembangkan game itu akan diterima oleh studio game, selambat-lambatnya pada awal tahun 2023.

Kendati demikian, Tez2 tidak membeberkan apa saja isi dari developer kit PS5 Pro. Namun, dapat diprediksi bahwa PS5 Pro bakal meluncur dengan membawa banyak peningkatan dibandingkan konsol versi reguler-nya.

Sejumlah rumor lain menyebutkan bahwa PS5 Pro akan memiliki sistem pendinginan lebih baik yang dapat menjaga suhu termal Accelerated Processing Unit (APU) AMD pada konsol.

Mengacu pada developer kit PS5 yang bocor beberapa waktu lalu, PS5 Pro disinyalir akan membawa APU AMD yang mengusung arsitektur RDNA3.

Baca juga: Sony Pastikan PlayStation Stars Belum Tersedia di Indonesia

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Senin (24/10/2022), tidak menutup kemungkinan PS4 Pro akan hadir dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar, yakni 2 TB.

Apabila deretan rumor di atas terbukti benar, ada kemungkinan PS5 Pro akan meluncur pada pertengahan atau akhir tahun 2024.

Sebelumnya, Sony merilis konsol PlayStation 4 Pro (PS4 Pro) pada tahun 2016, selisih tiga tahun dari peluncuran perdana PS4 yang berlangsung pada 2013.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber Gizmochina
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.