Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengganti Kontrol Enco Buds2 di HP Oppo Reno 8 Pro 5G

Kompas.com - 24/10/2022, 17:45 WIB

KOMPAS.com - Setiap aksesori true wireless stereo (TWS) biasanya dibekali dengan fitur kontrol dengan mengetuk (tap) permukaan masing-masing earbud. Salah satu TWS yang dibekali dengan fitur demikian adalah Oppo Enco Buds 2.

Dengan perangkat TWS terbaru Oppo ini, pengguna disuguhkan dengan beberapa kontrol bawaan TWS, di antaranya seperti memainkan lagu selanjutnya (dua kali ketuk), memainkan lagu sebelumnya (tiga kali ketuk), dan lain sebagainya.

Nah, Oppo mengizinkan pengguna Enco Buds 2 mengubah kontrol-kontrol bawaan TWS tersebut.

Baca juga: Review TWS Oppo Enco Buds 2, Enak Dipakai dengar Podcast dan Musik Akustik

Hal ini tentunya bisa dilakukan apabila pengguna menyambungkan perangkat TWS ini dengan smartphone (HP) Oppo, salah satunya adalah Oppo Reno 8 Pro 5G. Caranya bisa disimak dalam langkah berikut ini.

Cara mengganti kontrol Enco Buds 2 di HP Oppo Reno 8 Pro 5G

Cara mengubah kontrol Enco Buds 2 di Oppo Reno 8 Pro 5G.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Cara mengubah kontrol Enco Buds 2 di Oppo Reno 8 Pro 5G.

  • Pertama-tama, buka menu pengaturan alias "Settings".
  • Lalu, klik menu "Bluetooth dan pilih "Oppo Enco Buds 2" di tampilan selanjutnya.
  • Kemudian, pilih menu "Earbud functions" dan pilih menu "Earbud controls" di halaman berikutnya.
  • Setelah itu, pengguna bakal disuguhkan pengaturan kontrol untuk masing-masing earbud, baik itu kanan (Right) atau kiri (Left).
  • Di tampilan tersebut, pilih earbud yang kontrolnya akan diganti. Dalam hal ini, kami memilih untuk mengganti kontrol earbud sebelah kanan, sehingga kami memilih opsi "Right".
  • Apabila sudah memilih, maka pengguna bisa mengubah kontrol perintah berdasarkan ketukan yang tersedia di halaman "Earbud controls", dengan fungsi yang bisa dilihat di gambar di bawah ini.

Cara mengubah kontrol Enco Buds 2 di Oppo Reno 8 Pro 5G.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Cara mengubah kontrol Enco Buds 2 di Oppo Reno 8 Pro 5G.

  • Secara bawaan, kontrol satu kali ketuk alias "Single-tap" tidak memiliki fungsi apa-apa, dan bisa diganti supaya kontrol tersebut bisa memainkan atau menjeda lagu yang sedang diputar.
  • Kemudian, kontrol dua kali ketuk alias "Double-tap" bisa diganti untuk memainkan/menjeda lagu, memainkan lagu selanjutnya/sebelumnya, membuka asisten digital, atau mengaktifkan fitur "Game Mode" untuk meminimalisir jeda audio ketika TWS dipakai bermain game.
  • Kontrol tiga kali ketuk atau "Triple-tap" juga bisa diganti fungsinya dengan kontrol Double-tap tadi. Hanya saja, kontrol ini tidak menawarkan fungsi memainkan/menjeda lagu yang sedang diputar.
  • Kontrol terakhir yang bisa diganti adalah menekan beberapa saat permukaan earbud alias "Touch and hold". Kontrol ini bisa diatur pengguna untuk meningkatkan atau menurunkan volume.
  • Apabila sudah mengatur kontrol TWS Oppo Enco Buds 2, pengguna bisa menutup semua menu dan kembali ke aplikasi atau halaman utama home screen.

Baca juga: Penampakan Nyata Oppo Reno 9 Beredar, Beda Tampang dengan Reno 8

Demikian cara mengganti kontrol TWS Enco Buds 2 di HP Oppo Reno 8 Pro 5G. Perlu dicatat, cara ini bisa dilakukan di HP Oppo model lainnya, macam model Oppo A57, asalkan perangkat tersebut sudah menjalankan OS ColorOS 11 atau yang lebih baru.

Adapun syarat lengkap penggunaan TWS Oppo Enco Buds 2, bisa disimak di laman resmi Oppo di tautan berikut ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.