Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Layanan Cloud Storage Gratis Alternatif Google Drive

Kompas.com - 25/10/2022, 17:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Cloud storage merupakan salah satu opsi penyimpanan yang dapat digunakan ketika penyimpanan pada perangkat telah penuh. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan berbagai file dan menyediakan lebih banyak ruang.

Selain layanan Google Drive milik Google, terdapat sejumlah layanan cloud gratis lainnya yang dapat digunakan secara gratis. Berikut KompasTekno telah merangkum sembilan layanan Cloud storage gratis.

Baca juga: Daftar 7 Layanan Cloud Storage Gratis dan Berbayar

Mega

Megamega.io Mega

Ruang penyimpanan online yang dapat digunakan selain Google Drive adalah Mega. Penyimpanan cloud ini memberikan penggunanya ruang hingga 20 GB yang dapat diakses melalui seluler ataupun desktop.

Keunggulan dari cloud ini adalah tingkat keamanannya. Penyimpanan Mega memberlakukan kode yang harus diisi oleh penerima tautan sebelum mereka membuka file yang ada di dalamnya. Untuk mencoba layanan ini Anda bisa mengunjungi situs berikut ini

pCloud

pClouditproportal.com pCloud

Penyimpanan pCloud memberikan ruang penyimpanan hingga 10 GB dengan tidak membatasi ukuran file yang diunggah di dalam cloud. Aplikasi ini sudah beroperasi pada beberapa perangkat seperti Windows, Mac, Linux, hingga seluler.

Keunikan dari layanan cloud online ini adalah pengguna bisa membuat tautan yang memungkinkan penerima tautan mengunggah file ke dalam cloud tersebut.

Selain itu, pengguna juga dapat membuat cadangan foto dari akun media sosial yang langsung terhubung ke cloud. Layanan ini bisa Anda akses di tautan berikut ini

MediaFire

mediafireit pro mediafire

MediaFire memberikan pengguna ruang penyimpanan online gratis sekitar 10 GB. Cloud ini memberikan opsi berbagi untuk file dan folder serta fitur unggah yang mudah baik satu file maupun satu folder.

Akan tetapi, kekurangan dari cloud ini adalah akun yang tidak aktif selama jangka waktu tertentu, akan kadaluarsa secara otomatis. Situs ruang penyimpanan ini pun didukung oleh sejumlah iklan pada halamannya. Anda dapat mencobanya melalui situs berikut ini.

Baca juga: Cara Menghapus Foto di Google Photos untuk Menghemat Ruang Penyimpanan

Dropbox

DropboxDropbox Dropbox

Ruang penyimpanan Dropbox memungkinkan pengguna menyimpan berbagai file mulai dari ruang kosong 2 GB yang dapat ditingkatkan menjadi 18 GB.

Dalam penyimpanan ini, pengguna bisa berbagi seluruh folder dengan orang yang tidak menggunakan Dropbox. Selain itu, pengguna juga dapat mengedit file dari dalam browser menggunakan Microsoft Office online.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com