Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/10/2022, 19:15 WIB

KOMPAS.com - Layanan pesan instan WhatsApp (WA) mengalami gangguan hari ini, Selasa (25/10/2022). WhatsApp down (tumbang) dialami pengguna di Indonesia sekitar pukul 14.00 WIB.

Gangguan WhatsApp tidak hanya terjadi di Indonesia, tapi juga di banyak negara, seperti India, Malaysia, hingga Amerika Serikat. Walhasil, banyak pengguna yang tidak bisa mengirim pesan, baik lewat WhatsApp mobile, desktop, maupun web.

Layanan WhatsApp baru kembali pulih sekitar pukul 16.00 WIB. Jadi, WhatsApp error kurang lebih selama 2 jam. Atas gangguan ini, Meta selaku induk perusahaan WhatsApp meminta maaf kepada seluruh penggunanya.

"Kami tahu orang-orang kesulitan mengirim pesan melalui WhatsApp pada hari ini. Kami telah memperbaiki masalah dan meminta maaf atas ketidaknyamanan ini," ujar Joshua Breckman selaku juru bicara Meta, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Selasa (25/10/2022).

Baca juga: WhatsApp Error, Pengguna Keluhkan WA Down Hari Ini

Meski telah menyampaikan permintaan maaf, Meta masih belum memberikan penjelasan terkait penyebab WhatsApp down hari ini.

Menurut laporan The Verge, ini merupakan salah satu peristiwa gangguan terbesar yang dialami Meta, sejak tumbangnya layanan Instagram, Messenger, Oculus, dan Facebook secara bersamaan pada 2021 lalu.

Kejadian tersebut berlangsung selama hampir enam jam, hingga WhatsApp akhirnya berhasil kembali pulih.

Meta, yang masih dikenal sebagai Facebook pada saat itu, mengatakan bahwa pemadaman besar-besaran ini disebabkan oleh perubahan konfigurasi pada router-nya.

Baca juga: WhatsApp Down Hari Ini, Chat ke Grup dan Pribadi Muncul Jam Pasir

WhatsApp down di 49 negara

Layanan pesan singkat WhatsApp terpantau tumbang  secara bersamaan di 49 negara, termasuk Indonesia.

Pantauan KompasTekno dari situs global DownDetector, gangguan WhatsApp yang terjadi hari ini turut melanda Filipina, Singapura, India, Brasil, Amerika Serikat (AS), Inggris, hingga Rusia.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.