Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelanggan Berbayar Spotify Naik Jadi 195 Juta

Kompas.com - 27/10/2022, 07:33 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Platform musik alir, Spotify memublikasikan laporan keuangannya pada pada kuartal III-2022, Selasa (25/10/2022). Laporan tersebut mengungkap jumlah pelanggan berbayar Spotify saat ini adalah 195 juta.

Jumlah tersebut mengalami kenaikan sebanyak 13 persen atau 7 juta dibanding kuartal sebelumnya. Jumlah ini melampaui target perusahaan yang 194 juta, dan diharapkan mencapai target 200 juta pelanggan berbayar pada akhir tahun nanti.

Dalam laporan yang sama, Spotify juga memaparkan jumlah pengguna aktif bulanan (MAU/Monthy Active Users) sebanyak 456 juta. Jumlah tersebut 6 juta lebih tinggi dari target perusahaan, yang sebanyak 450 juta.

Baca juga: Album Baru Taylor Swift “Midnights” Bikin Spotify Error

Akan tetapi, terlepas dari pencapaian Spotify di atas, saham Spotify merosot sebanyak 6 persen. Adapun margin laba kotor perusahaan juga turun menjadi 24,7 persen.

Dari laporan yang dipublikasi Spotify, tercatat margin kotor telah turun 2 persen dibanding kuartal yang sama di tahun lalu, dan tidak berhasil melampaui target yang sudah ditentukan oleh perusahaan, akibat permasalahan finansial yang dihadapi Spotify.

Ditambah, kenaikan harga langganan Apple Music juga ternyata berdampak ke Spotify. Hal ini yang mungkin mendorong Spotify juga untuk merambah ke industri podcast (siniar) dan menawarkan layanan buku audio (audio book) di AS, dirangkum KompasTekno dari XDA Developers, Kamis (27/10/2022).

Baca juga: Cara Menggunakan Spotify di Windows 10

Sejauh ini, tercatat ada 4,7 juta konten podcast di platform musik alir berlogo hijau tersebut. Jumlah tersebut naik sebanyak 300 ribu dari sebelumnya berada di angka 4,4 juta pada kuartal II-2022.

Meskipun layanan podcast tampak belum memberi keuntungan dan dampak yang signifikan terhadap pendapatan perusahaan, Spotify mengungkapkan bahwa layanan tersebut setidaknya tumbuh sebanyak dua digit.

“Di akhir kuartal III-2022, kami memiliki 4,7 juta (konten) podcast di dalam platform. Jumlah MAU (Monthly Actice Users) di podcast tumbuh dua digit Y/Y (year on year) dan tingkat konsumsi podcast per pengguna mengalami peningkatan,” tulis Spotify dalam laporannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com