Pesawat Lion Air Beri Kode Peringatan 7700 Saat Gangguan Mesin di Udara, Ini Artinya

Kompas.com - 27/10/2022, 11:01 WIB

KOMPAS.com - Pada Rabu (26/10/2022) petang, pesawat Boeing 737-800 registrasi PK-LKK yang dioperasikan Lion Air mengalami gangguan mesin sesaat setelah takeoff (mengudara) dari bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten.

Dari foto-foto yang beredar di media sosial, mesin kiri (mesin nomor 1) pesawat nampak mengeluarkan api. Pesawat dengan nomor penerbangan JT330 itu sejatinya menempuh rute Jakarta-Palembang.

Akibat kendala tersebut, pilot memutuskan untuk return to base (RTB) alias kembali ke bandara keberangkatan. Namun sebelum memutuskan RTB, pilot Lion Air mengirim kode sinyal (squawk) 7700 di transponder di kokpit.

Apa itu kode squawk di pesawat?

Squawk adalah kode empat digit angka yang diberikan secara acak oleh pengatur lalu-lintas udara (ATC) untuk setiap penerbangan, untuk membantu mengidentifikasi setiap pesawat. Tujuannya adalah agar komunikasi lebih efektif.

Baca juga: Cara Melacak Penerbangan Pesawat secara Online di HP via FlightRadar24

Kode squawk biasanya diberikan setelah clearance (izin) diberikan oleh ATC kepada pilot di kokpit, sesaat sebelum pesawat mulai bergerak dari apron landasan di suatu bandara. Pilot kemudian menginput kode squawk tersebut di peranti transponder.

Kode squawk kemudian akan muncul di radar ATC, beserta informasi penting lainnya, seperti nomor penerbangan, ketinggian, dan kecepatan pesawat.

Kode squawk yang dipakai di dunia penerbangan menggunakan angka 0 hingga 7, dengan kombinasi empat digit, sehingga bisa terdapat 4.096 kombinasi angka yang bisa digunakan.

Kode squawk 7700

Nah, dalam kasus Lion Air JT330 pada 26 Oktober lalu, dari pantauan transponder di aplikasi pelacak penerbangan Flightradar24, pilot JT330 mengganti kode squawk yang diberikan oleh ATC menjadi 7700 setelah mengalami gangguan mesin di udara.

Squawk 7700 di penerbangan JT330 Lion Air yang alami gangguan api di mesin pesawat saat di udara, Rabu (26/10/2022).Flightradar 24 Squawk 7700 di penerbangan JT330 Lion Air yang alami gangguan api di mesin pesawat saat di udara, Rabu (26/10/2022).

Squawk 7700 ini adalah salah satu dari kode squawk khusus yang tidak bisa digunakan sembarangan. Untuk kode squawk 7700, hanya digunakan pada saat pesawat mengalami kondisi darurat (emergency) atau dalam situasi bahaya (mayday).

Baca juga: 5 Manfaat Mengaktifkan Mode Pesawat pada Smartphone

Kondisi-kondisi darurat/bahaya itu di antaranya seperti masalah tekanan dalam kabin, kerusakan mesin, darurat medis, dan sebagainya. Squawk 7700 ini bisa diubah oleh pilot sendiri asal masuk dalam kategori kondisi darurat, atau diinstruksikan oleh ATC.

Dengan squawk ini, maka ATC akan mengetahui kondisi darurat yang dialami oleh suatu penerbangan, dan memprioritaskan pengaturan lalu-lintas untuk pesawat tersebut.

Selain kode squawk 7700, kode khusus lain yang digunakan untuk berkomunikasi dengan ATC adalah 7600 untuk kondisi radio failure (sistem komunikasi pesawat tidak berfungsi, dan 7500 yang digunakan saat kondisi pembajakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.