Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengintip Spesifikasi Redmi A1 yang Meluncur di Indonesia Besok

Kompas.com - 27/10/2022, 12:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Xiaomi berencana meluncurkan smartphone kelas entry-level terbarunya di Indonesia, yaitu Redmi A1 pada Jumat (28/10/2022) besok.

Berbeda dengan ponsel Xiaomi atau Redmi kekinian lainnya, Redmi A1 merupakan ponsel Xiaomi yang menjalankan sistem operasi (OS) Android versi ringan, yaitu Android Go, mirip dengan Redmi Go.

Selain ringan, OS ini juga tidak dipoles dengan tampilan antarmuka (UI) khas Xiaomi MIUI dan hanya akan mengadopsi tampilan murni alias stock Android alias, tentunya tanpa kehadiran berbagai aplikasi bawaan Xiaomi.

Baca juga: Redmi A1, Ponsel Xiaomi Tanpa MIUI Meluncur di Indonesia 28 Oktober

Sebagai gantinya, pengguna Redmi A1 bakal mendapatkan beragam aplikasi bawaan Google versi ringan macam Google Go, Maps Go, YouTube Go, dan lain sebagainya.

Xiaomi belum mengumbar spesifikasi berikut harga Redmi A1 di Tanah Air. Informasi tersebut tentunya bakal disampaikan mereka pada acara peluncuran besok.

Namun, Redmi A1 sendiri sudah meluncur lebih dulu di India dan apabila mengacu pada spesifikasi Redmi A1 versi negara tersebut, ponsel ini bakal mengusung layar IPS LCD seluas 6,52 inci dengan resolusi HD Plus.

Pada bagian tengah atas layar ponsel tersebut, terdapat modul alias "poni" berbentuk ala tetesan air (waterdrop) yang memuat kamera selfie 5 MP.

Baca juga: Xiaomi Resmi Luncurkan Redmi A1 Tanpa MIUI

Beralih ke bagian punggung, Redmi A1 dibekali dengan dua kamera belakang yang masing-masing beresolusi 8 MP dan QVGA. Kedua kamera ini dimuat dalam sebuah modul persegi bersama dengan lampu LED flash.

Spesifikasi Redmi A1, pakai Helio A22

Redmi A1 bakal diluncurkan secara global di IndiaXiaomi Redmi A1 bakal diluncurkan secara global di India

Pada aspek hardware, Redmi A1 ditenagai dengan chipset Mediatek Helio A22 yang dipadukan dengan RAM 2 GB/3 GB dan media penyimpanan (storage) 32 GB. Jika storage kurang, pengguna bisa memakai kartu microSD yang memiliki slot terpisah.

Meski merupakan ponsel kelas bawah, Redmi A1 dibekali dengan baterai yang cukup jumbo, yaitu dengan kapasitas 5.000 mAh.

Baca juga: Daftar HP Xiaomi, Redmi, dan Poco yang Kebagian MIUI 14

Tidak disebutkan apakah baterai tersebut mendukung pengisian daya cepat atau tidak. Namun yang jelas, daya Redmi A1 bisa diisi melalui konektor lawas microUSB, bukan USB-C.

Di India, Redmi A1 menjalankan software Android 12 Go Edition dan hadir dengan tiga varian warna yaitu Light Green, Light Blue, dan Black. Ponsel ini dijual dengan harga 6.299 rupee atau setara dengan Rp 1,1 juta.

Belum bisa dipastikan pakah spesifikasi Redmi A1 versi India akan sama dengan versi Indonesia atau tidak. Belum jelas pula apakah perangkat tersebut akan dibanderol di harga Rp 1 jutaan atau tidak.

Namun apabila harganya dipatok di angka itu, Redmi A1 akan sedikit lebih mahal dibanding Redmi Go yang dijual dengan harga Rp 899.000 pada 2019 lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com