Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Beri Sinyal Kuat Naikkan Harga Xbox

Kompas.com - 27/10/2022, 12:36 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, Sony menaikkan harga konsol terbarunya PlayStation 5 (PS5) termasuk di Indonesia, dengan alasan kondisi ekonomi global yang sedang tidak baik-baik saja.

Kini, Microsoft memberi sinyal kuat bahwa mereka bakal mengikuti jejak yang sama dengan Sony, yaitu menaikkan harga konsol game Xbox Series X/S. Hal ini disampaikan langsung oleh CEO Microsoft Gaming (Xbox), Phil Spencer, dalam sebuah wawancara.

Phil sebenarnya tidak menyebutkan secara gamblang bahwa Microsoft akan menaikkan harga konsol terbaru Xbox tersebut. Ia juga tidak mengumbar apa yang menjadi pemicu harga konsol tersebut akan meningkat di masa depan.

Baca juga: Resmi, Harga PS5 di Indonesia Naik Rp 900.000

Namun, dia mengaku bahwa pihaknya tidak bisa terus-terusan menjual Xbox dengan harga jual saat ini. Apalagi di saat kondisi ekonomi global tengah sulit.

"Kami telah menahan harga jual konsol, game, dan layanan berlangganan Xbox selama ini agar tidak naik," ujar Phil, dikutip KompasTekno dari TheVerge, Kamis (27/10/2022).

"Di masa depan, kami mungkin tidak akan mampu menahan harga tersebut, dan menurut saya, kami butuh menaikkan harga produk dan layanan kami di suatu masa yang akan datang," imbuh Phil.

Bos Xbox tersebut tidak mengumbar kapan pihaknya bakal menaikkan harga konsol atau layanan berlangganan Xbox.

Phil sendiri memastikan penyesuaian harga konsol dan layanan Xbox tersebut tidak akan terjadi pada 2022 ini.

Harga konsol Xbox macam Xbox Series X/S dan seluruh layanan penunjangnya macam Xbox Game Pass tidak akan naik dan masih akan tetap sama menjelang akhir tahun 2022 ini.

"Penting bagi kami untuk mempertahankan harga produk dan layanan Xbox untuk tidak naik menjelang liburan akhir tahun ini," pungkas Phil.

Baca juga: Xbox Series X Edisi Khusus Gucci Dijual Rp 140 Juta

Pantauan KompasTekno, harga Xbox Series S sendiri kini masih dipatok di angka 299 dollar AS (sekitar Rp 4,6 juta), sedangkan Xbox Series X masih dijual dengan harga 499 dollar AS (sekitar Rp 7,7 juta).

Sementara layanan Xbox Game Pass, baik itu konsol maupun PC, dijual dengan harga 10 dollar AS (sekitar Rp 155.000) per bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com