Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Onic Esports, Sang Jawara MPL ID S10

Kompas.com - 28/10/2022, 19:30 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Liquipedia

KOMPAS.com - Onic Esports keluar sebagai juara pertama turnamen Mobile Legends: Bang-Bang Professional League Indonesia Season 10 (MPL ID S10). Gelar tersebut didapatkan Onic Esports usai mengalahkan RRQ Hoshi di laga Grand Final MPL S10 dengan total skor 4-1.

Kemenangan itu menjadi bukti balas dendam Onic Esports di MPL ID Season 9 lalu. Kala itu, RRQ Hoshi sukses membuat Onic Esports takluk dengan skor keseluruhan 4-1.

Selain dinyatakan sebagai pemenang MPL S10, Onic Esports juga akan mewakili Indonesia di ajang M4 World Championship yang akan berlangsung Januari 2023 mendatang.

Sebagai salah satu tim e-sports profesional yang memiliki divisi khusus untuk game Mobile Legends: Bang-Bang, Onic Esports terpantau rutin mengikuti ajang MPL ID.

Di sepanjang turnamen MPL ID, tim yang dijuluki sebagai "Raja Langit" ini sudah tiga kali sukses merebut gelar juara, yakni di MPL ID Season 3, Season 8 lalu dan yang terbaru di Season 10.

Meskipun dikenal sebagai salah satu tim e-sport cabang Mobile Legend, Onic Esport juga membuka divisi untuk cabang lain.

Lantas, siapa sebenarnya Onic Esports? Bagaimana perjalanan mereka di kompetisi e-sport, baik nasional dan internasional?

Baca juga: Onic Esports Juara MPL ID S10, Kalahkan RRQ Hoshi 4-1

Profil Onic Esports

Onic Esports merupakan organisasi tim e-sports profesional yang dibentuk pertama kali oleh pengusaha sekaligus politikus muda asal Indonesia, Rob Clinton Kardinal pada 26 Juli 2018 lalu.

Dia merupakan anak laki-laki dari Robert Joppy Kardinal yang menjabat sebagai anggota Komisi X DPR RI Fraksi Partai Golkar.

Saat pertama kali didirikan, Onic Esports awalnya hanya memiliki satu buah tim untuk divisi game Mobile Legends. Seiring dengan berjalannya waktu, Onic Esports mulai mendirikan tim untuk cabang e-sports lain seperti Free Fire, PUBG Mobile, dan Valorant. 

Karena namanya semakin dikenal, Onic Esports membuka cabang tim divisi Mobile Legends di Filipina tahun 2019. Dikenal sebagai Onic Filipina (Onic PH), tim ini kemudian ikut serta dalam turnamen Mobile Legends: Bang-Bang Professional League Filipina Season 4 (MPL PH S4).

Baca juga: Juara MPL S10 Onic Esports Masuk Tim Mobile Legends Tiga Besar Dunia

Awal perjalanan Onic Esports

Di Indonesia, Onic Esports menjalani debut pertama dengan mengikuti turnamen e-sports MPL ID Season 2 yang berlangsung pada tahun 2018 lalu. Mulanya, Onic Esports beranggotakan Spade, Drian, Eiduart, Ichsan, Fenrir, serta Antimage.

Saat itu, Onic Esports berhasil menduduki peringkat ketiga dan membawa pulang hadiah sebesar 11.500 dolar AS.

Tim Raja Langit ini kembali berkompetisi di MPL ID S3. Secara tak terduga, Onic Esports sukses mengukir prestasi gemilang dengan keluar sebagai juara di MPL ID S3.

Beranggotakan Udil, Psychoo, Sasa, Drian, dan Antimage, Onic Esports tidak pernah kalah satu kali pun kalah di MPL ID musim ke-3. Berkat pencapaian tersebut, seluruh anggota Onic Esports mendapat julukan sebagai "Lima Kage".

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber Liquipedia
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com