Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Bos Windows Phone Mengundurkan Diri dari Microsoft

Kompas.com - 29/10/2022, 15:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber ZDNet

KOMPAS.com - Mantan bos Windows Phone, Joe Belfiore mengundurkan diri dari jabatannya di Microsoft. Jabatan terakhir Joe Belfiore adalah Cooporate Vice President dari Microsoft Office.

Meski demikian, nama Belfiore semakin dikenal, terutama oleh fans Windows Phone, karena ia menjadi pemimpin pengembangan platform mobile tersebut, bersamaan dengan Windows 10 pada masa-masa awal.

Kabar mengundurkan diri tersebut diumumkan langsung oleh Belfiore dan pihak manajemen melalui e-mail kantor, Kamis (27/10/2022), serta kicauan di akun Twitter pribadi Belfiore.

Baca juga: Berakhirnya Era Windows Phone

Berdasarkan surat yang dikirim, Belfiore memutuskan untuk keluar karena kemauannya sendiri, tidak ada paksaan dari pihak manapun, dan sudah dipastikan bahwa keputusannya ini tidak akan mengubah prioritas apapun di dalam perusahaan.

“Setelah (melakukan) banyak refleksi, saya memutuskan bahwa inilah waktunya bagi saya untuk menarik karir yang sangat panjang di Microsoft, setelah 32 tahun (ada) pengalaman luar biasa (dalam) membangun perangkat lunak dan layanan dengan Anda semua,” tulis Belfiore, dikutip KompasTekno dari ZDNET, Sabtu (29/10/2022).

Petinggi Microsoft itu juga berkata ia baru menyadari waktu berjalan begitu cepat saat ia mengantar anak sulungnya masuk perguruan tinggi pada musim panas ini. Oleh karena itu, agar bisa memiliki lebih banyak waktu dan memprioritaskan keluarga, ia memilih untuk mengundurkan diri dan berencana untuk pindah rumah.

Sementara melalui akun Twitter-nya, Belfiore menulis, “Hari ini saya berbagi dengan tim saya setelah (bekerja) selama 32 tahun. Saya akan pensiun dari @Microsoft."

Baca juga: Dua Fitur iOS 14 yang Mirip Android dan Windows Phone

“Selanjutnya? Saya akan tetap bertahan sampai musim panas untuk proses transisi (akan ada banyak hal baik yang datang), lalu yang kedua berfokus pada dua anak (saya) yang masih di rumah dan satunya yang sudah mulai berkuliah,” tambah Belfiore.

 

Berkarir di Microsoft sejak 1990

Belfiore mulai menginjakkan kaki di perusahaan Microsoft untuk pertama kalinya sejak 1990. Ia pertama kali bekerja sebagai tim Windows 95.

Selain itu, ia juga berkontribusi di divisi Internet Explorer, Windows XP, termasuk bertanggung jawab atas teknik, desain, dan antarmuka pengguna.

Beberapa tahun setelahnya, Belfiore bergabung dengan divisi produk digital Microsoft yang baru (2002), eHome, Entertainment and Devices, Windows Mobile (2009), hingga Windows 10 (2013) selama bertahun-tahun.

Pada 2015 lalu, Belfiore sempat mengambil cuti yang panjang, sekitar satu tahun penuh untuk dihabiskan bersama keluarganya. Berbeda dengan keputusannya sekarang yang memilih untuk mengundurkan diri.

Baca juga: Update Besar Windows 11 Sudah Bisa Diunduh di Indonesia, Ini Fitur Barunya

Lima tahun setelahnya, tepatnya 2022, ia kembali mengambil cuti untuk pergi besama keluarganya. Saat kembali, ia bekerja di bagian Office Experience Group (OXO) dan layanan lintas platfrom.

Sejak saat itulah Belfiore memulai karirnya sebagai wakil presiden dari Microsoft Office bersama Ales Holecek sebagai Cooporate Vice President of Microsoft Office.

Selama dua tahun penuh, mereka berdua beserta tim betanggung jawab untuk mengembangkan aplikasi berbasis mobile (iOS dan Android) Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote, dan aplikasi lain dari keluarga Office.

Kini, perjalanan akhir dari Belfiore di perusahaan sudah di depan mata. Holecek akan mengisi posisi Belfiore sebagai Coorporate Vice President of Product Group. Sementara itu, Vice President Microsoft Sumit Chauhan akan bermitra dengan Holecek sebagai co-leader yang baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ZDNet
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com