Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segini Uang Pesangon CEO Twitter Parag Agrawal Setelah Dipecat Elon Musk

Kompas.com - 31/10/2022, 09:03 WIB

KOMPAS.com - Setelah resmi mengambil alih Twitter pada Kamis (27/10/2022), CEO Tesla Elon Musk langsung memecat tiga eksekutif Twitter. Salah satunya adalah Chief Executive Officer (CEO) Twitter Parag Agrawal.

Pasca-pemecatan ini, Agrawal dilaporkan bakal membawa pulang uang pesangon dengan nilai yang fantastis, yakni mencapai 56 juta dollar AS atau setara Rp 871 miliar (kurs saat berita ditulis Rp 15.555).

Angka tersebut dihitung dari alokasi saham yang dimiliki Agrawal berdasarkan klausul "Golden Parachute Compensation", yakni ketentuan dalam kontrak kerja yang memberikan eksekutif hak kompensasi tambahan setelah pengunduran diri atau pemecatan.

Apabila dikalkulasikan dengan aspek lain, pesangon yang diterima Parag Agrawal bisa mencapai 65 juta dollar AS atau (setara Rp 1.011 triliun).

Baca juga: Hari Pertama Elon Musk Pimpin Twitter, Pecat CEO hingga Bikin Aturan Konten

Tak hanya Agrawal, dua eksekutif Twitter lain yang dipecat Elon Musk, yaitu Chief Financial Officer (CFO), Ned Segal, dan Head of Legal Policy, Vijaya Gadde, juga dilaporkan bakal menerima pesangon dengan nilai yang besar.

Secara total, Segal disebut bakal menerima uang hingga 66 juta dollar AS (kira-kira Rp 1.026 triliun). Sedangkan Gadde bakal membawa pulang uang paling banyak 74 juta dollar AS (sekitar Rp 1.151 triliun) setelah dipecat dari Twitter.

Nilai pesangon yang fantastis itu merupakan akumulasi dari empat aspek. Pertama, gaji satu tahun.

Sebagai gambaran, pada tahun 2021, Agrawal memiliki gaji pokok sebesar 623.000 dollar AS (sekitar Rp 9,6 miliar). Sedangkan gaji pokok Segal dan Gadde masing-masing sebesar 600.000 dollar AS (sekitar Rp 9,3 miliar).

Kedua adalah tunjangan kesehatan "premium" selama setahun dengan nilai masing-masing 31.000 dollar AS atau sekitar Rp 497,7 juta.

Ketiga, kepemilikan saham. Agrawal, Segal, dan Gadde dilaporkan memiliki saham gabungan sekitar 1,2 juta saham Twitter. Saham ketiganya itu akan dibeli oleh Musk sesuai kesepakatan akuisisi, yaitu sebesar 54,20 dollar AS (Rp 823.000) per lembar saham.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.