BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Intip Proses Produksi Oppo A77s di Pabrik Baru Oppo, Hadirkan Kualitas Tinggi Berstandar Dunia

Kompas.com - 31/10/2022, 13:45 WIB

KOMPAS.com - Produsen smartphone asal China, Oppo, resmi meluncurkan perangkat anyar bagi konsumen di Tanah Air, yaitu Oppo A77s, melalui platform TikTok, Senin (17/10/2022).

Meski termasuk dalam kelas menengah, kualitas Oppo A77s tak bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya, ponsel pintar lini seri A dari Oppo tersebut diproduksi dengan quality control berstandar tinggi di pabrik Oppo Indonesia Manufacturing, Tangerang, Banten.

Untuk menghasilkan produk berkualitas, proses produksi Oppo A77s melalui sejumlah tahapan dengan menggunakan Oppo Production System (OPS). Adapun OPS mengadopsi lean manufacturing system yang telah diterapkan oleh berbagai pabrik vendor besar di dunia.

Lantas, seperti apa proses produksi Oppo A77s di pabrik smartphone berstandar dunia?

Oppo Enduring Quality

Public Relation (PR) Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto A mengatakan bahwa pihaknya optimistis smartphone anyar Oppo A77s dapat menjadi tulang punggung perusahaan pada kuartal terakhir 2022.

Baca juga: Bisa Hasilkan Gambar Berkualitas, Ini 4 Fitur Fotografi yang Wajib Dimiliki Smartphone Terkini

Optimisme tersebut beralasan. Pasalnya, Oppo A77s diklaim memiliki daya tarik, terutama dari segi fitur dan kualitas.

Aryo menjelaskan, Oppo A77s dibuat dengan menggunakan standar tertinggi Oppo yang disebut sebagai Oppo Enduring Quality. Standar ini terdiri dari berbagai macam uji, baik uji komprehensif maupun keandalan.

“Walaupun termasuk dalam lini kelas menengah, Oppo mengutamakan aspek kualitas dalam proses produksi Oppo A77s,” ujar Aryo dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Minggu (30/10/2022).

Pihaknya pun mengundang awak media pada Selasa (18/10/2022) guna menyaksikan secara langsung proses produksi Oppo A77s di pabrik baru Oppo yang berlokasi di Kecamatan Periuk, Kota Tangerang.

Di samping melalui beberapa uji Oppo Enduring Quality, tahapan pembuatan perangkat Oppo A77s juga diawasi secara ketat di pabrik baru Oppo Indonesia yang berdiri di atas lahan seluas 10 hektare (ha).Dok. Oppo Indonesia Di samping melalui beberapa uji Oppo Enduring Quality, tahapan pembuatan perangkat Oppo A77s juga diawasi secara ketat di pabrik baru Oppo Indonesia yang berdiri di atas lahan seluas 10 hektare (ha).

Selama proses uji Oppo Enduring Quality, A77s melalui tahap enam uji utama, yakni uji jatuh dari ketinggian, uji jatuh, tahan air, radiasi, perubahan iklim, dan tes kualitas sinyal.

Baca juga: Digadang sebagai Ponsel Mid-Range Rasa Menengah Atas, Seperti Apa Kecanggihan Oppo A77s?

“Kemudian, Oppo juga melakukan uji tekan pada tombol daya sebanyak 500.000 kali, uji tekan tombol suara sebanyak 150.000 kali, dan uji cabut pasang pada lubang audio 3,5 milimeter (mm) 10.000 kali,” terang Aryo.

Selain itu, lanjut dia, pihak Oppo juga melakukan uji cabut pasang pada port universal serial bus (USB) sebanyak 20.000 kali.

Aryo menambahkan, guna memastikan keandalan Oppo A77s, pihak Oppo juga melengkapi perangkat ini dengan sertifikasi IP5X. Seperti diketahui, perangkat dengan sertifikasi IP5X dapat tahan terhadap debu, sementara IPX4 tahan terhadap cipratan air normal.

“Di pabrik Oppo juga dilakukan berbagai macam pengujian hingga mencapai 30 jenis uji kontrol kualitas yang berkaitan dengan beragam aktivitas konsumen saat menggunakan perangkat smartphone. Salah satunya, uji hasil kamera dan uji speaker,” tambahnya.

Tidak hanya pada perangkat smartphone, pengujian juga dilakukan terhadap aksesori, seperti kabel daya smartphone. Adapun uji kabel daya dilakukan dengan cara memberikan beban untuk memastikan kabel tidak mudah putus.

Baca juga: Riri Riza Ungkap Rahasia di Balik Pembuatan Film “Kau, Rabu, dan Perkara2 Sepintas Lalu”

Selama proses uji Oppo Enduring Quality, A77s melalui tahap enam uji utama, yakni uji jatuh dari ketinggian, uji jatuh, tahan air, radiasi, perubahan iklim, dan tes kualitas sinyal.Dok. Oppo Indonesia Selama proses uji Oppo Enduring Quality, A77s melalui tahap enam uji utama, yakni uji jatuh dari ketinggian, uji jatuh, tahan air, radiasi, perubahan iklim, dan tes kualitas sinyal.

Pengawasan ketat dan sistem OPS di pabrik Oppo Indonesia

Aryo menambahkan, di samping melalui beberapa uji Oppo Enduring Quality, tahapan pembuatan perangkat Oppo A77s juga diawasi secara ketat di pabrik baru Oppo Indonesia yang berdiri di atas lahan seluas 10 hektare (ha).

Guna menjamin kualitas produk, imbuh Aryo, Oppo juga memastikan bahwa komponen yang digunakan merupakan komponen terbaik, serta sudah lolos uji pemeriksaan sebelum masuk ke tahap proses produksi.

Pada lini produksi, jelas Aryo, Oppo juga mengambil sampel secara acak (random) dari produk Oppo A77s yang sudah dibuat. Selanjutnya, dilakukan uji kualitas terhadap perangkat sampel tersebut.

“Apabila ditemukan permasalahan pada lini produksi, proses produksi pada lini tersebut secara otomatis akan dihentikan. Selanjutnya, Oppo akan menguji ulang seluruh unit yang diproduksi,” terang Aryo.

Jika masalah masih terjadi, imbuh dia, Oppo akan kembali mengulang proses produksi pada lini yang bermasalah. Hal ini dilakukan guna memastikan setiap konsumen mendapatkan perangkat Oppo A77s dengan kualitas yang sama.

Baca juga: Oppo Reno8 Series Akan Mendapat ColorOS 13, Berikut Kecanggihan yang Bakal Didapat Pengguna

Tidak hanya pada perangkat smartphone, pengujian juga dilakukan terhadap aksesori, seperti kabel daya smartphone pada A77s. Adapun uji kabel daya dilakukan dengan cara memberikan beban untuk memastikan kabel tidak mudah putus.Dok. Oppo Indonesia Tidak hanya pada perangkat smartphone, pengujian juga dilakukan terhadap aksesori, seperti kabel daya smartphone pada A77s. Adapun uji kabel daya dilakukan dengan cara memberikan beban untuk memastikan kabel tidak mudah putus.

Lebih lanjut, Aryo menjelaskan, Oppo A77s dibuat dengan menggunakan OPS yang mengadopsi lean manufacturing system dan telah diterapkan oleh berbagai pabrik vendor besar di dunia. Ini berarti, dengan sistem tersebut, produksi Oppo A77s lebih efisien dalam hal waktu dan kualitas.

Pada OPS, proses produksi juga menjadi lebih singkat lantaran penggunaan conveyor belt, mulai dari tahap assembly hingga packing, secara berkelanjutan.

Adapun proses produksi Oppo A77s juga telah dimodernisasi dengan menggunakan digitalisasi big data terkait dengan output monitoring yang dilakukan secara real-time, baik mesin pada tahap produksi maupun kualitas produk.

Deretan fitur andal serbapertama

Adapun Oppo A77s dibekali berbagai fitur serbapertama, mulai dari fitur pada aspek desain, kamera, hingga hardware dan software.

Salah satu keunggulan Oppo A77s yang menarik disimak adalah penggunaan fiberglass leather design pada bodinya. Adapun teknologi ini pertama kali hadir pada Oppo Reno7 4G dan kini diwariskan pertama kali di Oppo A-Series lewat Oppo A77s.

Baca juga: Gandeng Nicholas Saputra di Film Terbarunya, Riri Riza Beberkan Pengalaman Bikin Film Pakai Oppo Find X5 Pro 5G

Dengan desain tersebut, bagian punggung ponsel memiliki tekstur seperti kulit asli. Alhasil, Oppo A77s tampak lebih elegan, mewah, serta enak digenggam karena kesat dan tidak licin. Tampilannya pun lebih bersih karena ramah dengan bekas sidik jari.

Teknologi tersebut diaplikasikan pada Oppo A77s varian warna Sunset Orange. Sementara, varian Oppo A77s lain, yaitu Starry Black dan Sky Blue, mengadopsi desain cangkang halus dan mengilap atau Oppo Glow.

Salah satu keunggulan Oppo A77s yang menarik disimak adalah penggunaan fiberglass leather design pada bodinya. Adapun teknologi ini pertama kali hadir pada Oppo Reno7 4G dan kini diwariskan pertama kali di Oppo A-Series lewat Oppo A77s.Dok. Oppo Indonesia Salah satu keunggulan Oppo A77s yang menarik disimak adalah penggunaan fiberglass leather design pada bodinya. Adapun teknologi ini pertama kali hadir pada Oppo Reno7 4G dan kini diwariskan pertama kali di Oppo A-Series lewat Oppo A77s.

Kemudian, Oppo A77s juga mendapatkan fitur Bokeh Flare Portrait yang biasa ada di lini Reno Series. Fitur ini memungkinkan pengguna dapat menghasilkan foto portrait dengan efek buram alias bokeh sinematik layaknya kamera digital single lens reflex (DSLR) atau mirrorless dengan lensa bukaan besar.

Sama seperti berbagai ponsel Oppo Reno Series, Bokeh Flare Portrait Oppo A77s tak hanya disematkan pada kamera belakang, tetapi juga kamera depan. Dengan demikian, pengguna bisa berswafoto dengan efek buram yang bagus.

Seperti telah disebutkan, Oppo A77s memiliki tingkat ketahanan terhadap air dengan IP rating IPX4 sehingga ponsel tahan cipratan air dari segala arah.

Baca juga: Menilik Keandalan Performa Oppo Reno8 Pro 5G untuk Produktivitas dan Akses Hiburan

Selain itu, agar tak mudah rusak apabila terkena air, Oppo A77s juga dibekali fitur Charging Port Protection. Fitur ini memungkinkan perangkat menghadang pengisian daya yang dilakukan melalui konektor USB-C jika sistem mendeteksi konektor tersebut basah.

Seperti diketahui, ponsel biasanya akan mengalami korsleting dan rusak apabila daya diisi ketika konektor dalam kondisi basah. Berkat fitur tersebut, risiko korsleting bisa diminimalkan.

Tak hanya itu, Oppo A77s juga dibekali fitur Multi-Cooling System. Fitur ini sebelumnya ditemukan pada berbagai perangkat Oppo Reno Series. Namun, kini diturunkan pertama kali pada Oppo A-Series, yakni Oppo A77s.

Fitur tersebut diklaim mampu meminimalkan panas berlebih yang dihasilkan komponen utama ponsel atau central processing unit (CPU). Berkat multi-cooling system, pengguna tak perlu khawatir Oppo A77s menjadi panas yang dapat mengganggu performa ponsel.

Untuk mencoba secara langsung keistimewaan  Oppo A77s, Anda bisa segera membeli smartphone ini dengan harga Rp 3.499.000. Anda bisa memesan perangkat tersebut secara daring melalui berbagai e-commerce terkemuka di Tanah Air, Oppo Gallery, Oppo Store, dan partner retail resmi Oppo di seluruh Indonesia.
Dok. Oppo Indonesia Untuk mencoba secara langsung keistimewaan Oppo A77s, Anda bisa segera membeli smartphone ini dengan harga Rp 3.499.000. Anda bisa memesan perangkat tersebut secara daring melalui berbagai e-commerce terkemuka di Tanah Air, Oppo Gallery, Oppo Store, dan partner retail resmi Oppo di seluruh Indonesia.

Selanjutnya, fitur pertama lain yang disematkan pada Oppo A-Series adalah Ultra-Linear Dual Speaker. Fitur ini dapat menghasilkan suara dengan efek stereo. Selain itu, Oppo A77s juga dibenamkan sistem operasi (OS) Android 12, dan tampilan antarmuka (UI) ColorOS 12.1 yang sebelumnya hanya digunakan pada Oppo Reno Series.

Baca juga: Resmi Dijual di Indonesia, Oppo Reno8 Pro 5G dan Reno8 Z 5G Tawarkan Performa Tinggi dan Desain Premium

Selain itu, ada pula fitur 3D Dolby Atmos Ringtone yang bisa digunakan untuk nada dering dengan efek suara Dolby Atmos, serta fitur "penambah" random access memory (RAM), yaitu RAM Expansion hingga 8 gigabita (GB).

Itulah gambaran proses produksi Oppo A77s dengan berbagai sistem dan teknologi andal, serta pabrik berstandar dunia.

Untuk mencoba secara langsung keistimewaan Oppo A77s, kamu bisa segera membeli smartphone ini dengan harga Rp 3.499.000.

Kamu bisa memesan perangkat tersebut secara daring melalui berbagai e-commerce terkemuka di Tanah Air, Oppo Gallery, Oppo Store, dan partner retail resmi Oppo di seluruh Indonesia.

Informasi lebih lanjut mengenai Oppo A77s, silakan klik tautan berikut.

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.