Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekonomi Digital Asia Tenggara Diprediksi Tembus Rp 3.111 Triliun pada 2022

Kompas.com - 31/10/2022, 14:02 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber CNBC

KOMPAS.com - Ekonomi digital di kawasan Asia Tenggara pada 2022 ini diprediksi akan mengalami pertumbuhan yang lebih cepat.

Menurut laporan terbaru dari Google, Temasek, dan Bain & Company, total nilai transaksi digital di Asia Tenggara akan mencapai 200 miliar dollar AS atau sekitar Rp 3.111 triliun (kurs Rp 15.527) pada akhir tahun ini.

Awalnya, nilai transaksi digital di kawasan ini diprediksi baru akan mencapai angka tersebut pada 2025 mendatang.

Pada 2016 lalu, Google memprediksi bahwa ekonomi digital di enam wilayah utama Asia Tenggara bakal menyentuh angka 200 miliar dollar AS (Rp 3.112 triliun) pada 2025 mendatang. Namun, angka tersebut sudah nyaris tercapai pada 2022 ini.

Enam wilayah utama yang dimaksud terdiri dari negara Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Baca juga: Ekonomi Digital Indonesia Diprediksi Capai Rp 2.139 Triliun pada 2025

Total transaksi tersebut tumbuh sebesar 20 persen dibanding tahun sebelumnya, yaitu 161 miliar dollar AS (Rp 2.505 triliun).

Adapun pada 2022 ini, jumlah pengguna internet di wilayah Asia Tenggara bertambah 20 juta pengguna baru. Total jumlah pengguna internet di Asia Tenggara kini menjadi 460 juta pengguna.

Faktor pendorong pertumbuhan

ilustrasi dompet digital, keuangan digital.shutterstock ilustrasi dompet digital, keuangan digital.
Salah satu yang mendorong pertumbuhan ekonomi digital Asia Tenggara adalah e-commerce. Meskipun aktivitas kini sudah kembali normal setelah pandemi, kegiatan jual beli secara online masih mendominasi. 

Angka Gross Merchandise Value (GMV) dilaporkan tumbuh 16 persen menjadi 131 milliar dollar AS (Rp 2.038 triliun) pada 2022.

GMV sendiri merupakan akumulasi dari nilai pembelian yang dilakukan oleh pengguna melalui situs atau aplikasi dalam periode tertentu.

Dalam laporan yang sama, kemungkinan besar sektor pengiriman makanan dan media online akan pulih lebih cepat seperti sebelum pandemi, sedangkan pemulihan untuk sektor transportasi akan memakan waktu.

Sektor lainnya seperti layanan keuangan digital, termasuk pembayaran, pengiriman uang, pinjaman, investasi, hingga asuransi mengalami pertumbuhan yang positif dari 2021 hingga 2022.

Di antara semua layanan tersebut, asuransi menjadi layanan dengan pertumbuhan paling tinggi, yaitu sebesar 31 persen year-on-year. Pertumbuhan tertinggi kedua disusul oleh layanan pinjaman, sebesar 25 persen dari periode yang sama tahun lalu.

“Karena kami sudah (beralih) ke pasca-pandemi, mobilitas di tempat-tempat ritel sebenarnya sudah melampaui (target saat) sebelum pandemi di beberapa negara,” ujar wakil presiden Google Asia Tenggara, Stephani Davis, dikutip KompasTekno dari CNBC, Senin (31/10/2022).

Baca juga: Bisnis Telko Bergeser ke Ekonomi Digital

“Dengan ekonomi digital yang tumbuh 20 persen, hal ini menandakan bahwa peralihan selama pandemi akan tetap ada. Beberapa kebiasaan baru tersebut telah terbentuk,” tambah Davis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com