Kompas.com - 01/11/2022, 10:30 WIB

KOMPAS.com - Sebuah asteroid relatif besar bernama 2022 RM4 akan terbang dekat dengan garis lintasan Bumi pada Selasa (1/11/2022) tengah malam WIB.

Asteroid 2022 RM4 memiliki diameter 740 meter atau sekitar enam kali tinggi menara Eiffel, dan akan melintas sejauh 2,3 juta kilometer atau enam kali jarak Bumi-Bulan.

Pusat Studi Objek Dekat Bumi JPL NASA mengkategorikan asteroid 2022 RM4 dengan tingkat Rarity (Kelangkaan) 2, yang artinya asteroid seperti ini hanya datang kira-kira setahun sekali.

Kelangkaan/Rarity adalah ukuran seberapa jarang asteroid dengan ukuran yang sama dan lebih besar dari Bumi terbang dekat Bumi.

Baca juga: Pesawat Ruang Angkasa NASA Tabrak Asteroid, Apa Tujuannya?

Menurut para astronomer, ukuran dan kedekatan 2022 RM 4 membuatnya menjadi terkenal dan banyak ditunggu melintasi Bumi.

"Ini tergolong dekat (dengan Bumi) untuk asteroid seukuran ini," ujar astronomer Tony Dunn di akun Twitter pribadinya.

Dunn juga membagikan foto wujud asteroid itu melalui akun Twitternya, dan menyebut jalur lintasan asteroid tersebut tidak berbahaya bagi Bumi. Ia juga menyebut asteroid 2022 RM4 bisa dipantau hanya dengan teleskop bintang rumahan.

Asteroid 2022 RM4 pertama kali dilihat oleh Observatorium Pan-Starrs di Hawaii pada September 2022, dan Pusat Planet Kecil dari International Astronomical Union mengeluarkan pengumuman resmi tentang asteroid tersebut pada 15 September.

Baca juga: Cara Oppo Bikin Tekstur Meteor Jatuh di Punggung Reno7

Cara melihat asteroid 2022 RM4

Bagi yang ingin melihat asteroid 2022 RM4 melintas, Virtual Telescope Project (VTP) berencana melakukan live stream di situsnya pada Selasa (1/11/2022) sore mulai pukul 17.00 WIB.

Dikutip KompasTekno dari Cnet, Selasa (1/11/2022), pendiri VTP, Gianluca Masi telah melacak asteroid 2022 RM4 dan menangkap penampakannya yang seperti titik terang kecil di kejauhan.

Asteroid 2022 RM4 (tanda panah) terlihat seperti bintang kecil di kejauhan.VTP/Gianluca Masi Asteroid 2022 RM4 (tanda panah) terlihat seperti bintang kecil di kejauhan.

Untuk melihat asteroid 2022 RM4 terbang melintas dekat Bumi, Anda bisa membuka halaman Virtual Telescope Project (VTP) di tautan berikut ini.

Asteroid 2022 RM4 memang besar dan secara kosmik dekat dengan Bumi, namun para ahli telah memastikan lintasannya tidak menimbulkan bahaya bagi Bumi.

Para ilmuwan di seluruh dunia selama ini juga telah berupaya meningkatkan kemampuan menemukan asteroid yang berpotensi berbahaya, dan melacak jalur mereka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CNET


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.