Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto WhatsApp Kini Bisa Di-blur Langsung Sebelum Dikirim

Kompas.com - 01/11/2022, 13:02 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - Platform pesan instan, Whatsapp, merilis fitur baru untuk memudahkan pengguna mengedit foto sensitif sebelum dikirim.

Fitur baru WhatsApp itu adalah alat untuk memburamkan (foto) langsung dari aplikasi sebelum dikirim. Dengan demikian, pengguna tidak perlu repot menyunting foto lebih dulu ke aplikasi ketiga, menyimpannya di perangkat, lalu baru mengirimnya lewat WhatsApp.

Kehadiran fitur blur foto diungkap WA Beta Info, situs yang kerap memberikan informasi terbaru soal WhatsApp, baik fitur yang resmi dirilis maupun yang masih diuji coba.

Menurut WA Beta Info, fitur blur foto ini sudah tersedia di WhatsApp desktop versi 2.2241.2. KompasTekno sudah kebagian fitur ini dengan versi aplikasi yang sama. Fitur blur foto ini juga telah hadir di WhatsApp versi web yang bisa diakses di whatsapp.com.

Baca juga: 2 Fitur Baru WhatsApp yang Ditunggu-tunggu Akhirnya Datang Juga

Fitur blur foto WhatsApp bisa ditemukan ketika pengguna ingin mengirim gambar, tepatnya berada di toolbar penyunting gambar. Fitur blur foto memiliki ikon piksel berbentuk persegi yang terletak di tengah-tengah antara fitur "crop" dan "gambar". 

Ilustrasi fitur baru Whatsapp yang dapat memburamkan gambar (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)KOMPAS.com Ilustrasi fitur baru Whatsapp yang dapat memburamkan gambar (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)

Pengguna bisa mengatur ukuran bidang blur, apakah sebagian atau seluruh gambar. Posisi bidang blur juga bisa disesuaikan.

Bentuk blur juga bisa dipilih, ada yang berupa piksel cukup besar dan kasar, ada pemburaman yang cukup halus. Begitu juga dengan tingkat pemburaman, bisa diatur dengan menggeser bilah garis. Semakin tinggi angka, maka tingkat pemburaman semakin pekat.

Ilustrasi fitur baru Whatsapp yang dapat memburamkan gambarKOMPAS.com Ilustrasi fitur baru Whatsapp yang dapat memburamkan gambar

Agar lebih jelas, berikut tutorial memburamkan foto WhatsApp langsung dari aplikasi.

Baca juga: 5 Tanda Chat WhatsApp yang Perlu Diketahui, Termasuk Tanda Lingkaran Garis Putus

Cara blur foto WhatsApp tanpa aplikasi lain

  • Buka aplikasi WhatsApp di destop. Apabila belum terinstal, bisa mengunduhnya di laman berikut. Bisa juga mengakses via WhatsApp versi web.
  • Buka chat kontak yang ingin dikirimi foto
  • Klik "lampirkan" (ikon klip kertas) yang berada di sebelah kiri kolom teks
  • Pilih "foto & video"
  • Pilih foto yang ingin dikirim
  • Atur posisi pemburaman sesuai bagian gambar yang ingin disembunyikan
  • Jika ingin memilih bentuk blur, klik anak panah ke atas di sebelah kanan ikon blur
  • Apabila ingin mengatur kepekatan blur, geser garis di sebelah ikon blur
  • Jika penyuntingan gambar sudah sesuai, klik "selesai" yang ada di ujung kanan layar. Lalu, klik anak panah ke kanan di sisi bawah untuk mengirim foto yang sudah diblur.

Baca juga: Fitur Anti Cepu WhatsApp Sudah Bisa Dicoba, Pesan Rahasia Makin Aman

Selain memudahkan pengeditan foto, fitur blur ini juga bermanfaat untuk lebih menjaga informasi sensitif. Sehingga, pengguna bisa lebih cepat dan mudah menutup informasi sensitif yang tidak ingin dibagikan ke penerima pesan, sebagaimana KompasTekni rangkum dari WA Beta Info, Selasa (1/11/2022).

Meskipun sudah dirilis, ada kemungkinan fitur blur WhatsApp desktop ini belum diterima seluruh pengguna. Pengguna bisa meng-update WhatsApp desktop lebih dulu untuk mendapat fitur baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber WABetaInfo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com