Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asus ZenBook S13 OLED Resmi di Indonesia, Laptop Tipis Berbobot 1,1 Kg

Kompas.com - 01/11/2022, 13:20 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen hardware asal Taiwan Asus kembali memboyong laptop terbaru dari keluarga ZenBook ke Indonesia, Asus ZenBook S13 OLED (UM5302). Laptop berukuran 13,3 inci dengan layar OLED ini memiliki bobot yang cukup ringan.

"Bobot laptop ini sangat ringan, hanya 1,1 kg. Saking entengnya, saya kadang suka lupa kalau ada laptop ini di dalam tas ketika dibawa-bawa," ujar Technical Public Relation Asus Indonesia, Riandanu Madi Utomo dalam acara peluncuran Asus ZenBook S 13 OLED di Jakarta, Selasa (1/11/2022).

Selain ringan, laptop ini juga diklaim sangat tipis lantaran hanya memiliki dimensi ketebalan 14,9 mm (1,49 cm), serta tetap kokoh karena dilapisi dengan bodi aluminum.

Asus ZenBook S13 OLED mengusung layar OLED NanoEdge Display berukuran 13,3 inci dengan resolusi maksimal 2.8K (2.880 x 1.800 piksel) dan tingkat kecerahan maksimal 550 nits.

Layar yang mendukung input sentuhan (touchscreen) ini juga diklaim kaya warna karena memiliki color gamut DCI-P3 100 persen, serta sudah mendapatkan sertifikasi dari VESA dan Pantone.

Selain itu, layar yang dilapisi kaca pelindung Corning Gorilla Glass itu juga diklaim ramah dengan mata pengguna lantaran sudah memiliki sertifikasi SGS Eye Care Display, serta mendukung fitur Dolby Vision untuk pengalaman menonton maksimal.

Asus ZenBook S 13 OLED (UM5302) diklaim sangat tipis lantaran memiliki dimensi ketebalan 14,9 mm (1,49 cm), serta tetap kokoh karena dilapisi dengan bodi aluminum. 
Kompas.com/BILL CLINTEN Asus ZenBook S 13 OLED (UM5302) diklaim sangat tipis lantaran memiliki dimensi ketebalan 14,9 mm (1,49 cm), serta tetap kokoh karena dilapisi dengan bodi aluminum.

Baca juga: Asus Zenbook 14 OLED Meluncur di Indonesia, Harga Mulai Rp 17 Juta

Dari sisi hardware, Asus ZenBook S13 OLED ditenagai dengan prosesor (CPU) AMD Ryzen 7 6800U (8-core) yang memiliki kecepatan clock maksimal (boost) mencapai 4,7 GHz.

Komponen CPU ini dipadukan dengan unit pengolah grafis (GPU) terintegrasi AMD Radeon Graphics 680M, serta RAM LPDDR5 16 GB dan media penyimpanan (storage) SSD M.2 NVMe PCI 4.0 berkapasitas 1 TB.

Asus ZenBook S13 OLED memiliki baterai dengan kapasitas 67 Wh. Dengan baterai sebesar itu, Asus mengeklaim laptop ini kuat dipakai hingga sekitar 19 jam.

Fitur pendukung lainnya yang ada di laptop ini mencakup papan ketik (keyboard) ergonomis berteknologi ErgoSense, touchpad yang bisa "disulap" menjadi numpad lewat fitur Asus NumberPad 2.0, serta engsel ErgoLift yang memungkinkan layar laptop dibentangkan 180 derajat hingga sejajar dengan keyboard.

Ada pula dukungan webcam 1080p yang dilengkapi dengan teknologi 3DNR (Noise Reduction) untuk panggilan video yang lebih jernih, AI Noise Cancellation untuk meredam suara bising di sekitar pengguna, serta Dolby Atmos dan Smart Amplifier untuk meningkatkan pengalaman audio di Asus ZenBook S 13 OLED.

Untuk urusan konektor, laptop yang sudah menjalankan sistem operasi (OS) Windows 11 ini dihiasi dengan tiga konektor USB-C dan satu buah konektor audio jack 3.5 mm.

"Ketiga konektor USB-C di laptop ini mendukung fitur Power Delivery, sehingga bisa daya laptop bisa diisi menggunakan power bank, serta Display Output untuk menampilkan konten laptop di layar lain," jelas Riandanu.

Di Tanah Air, Asus ZenBook S13 OLED tersedia dalam varian warna Ponder Blue, Aqua Celadon, Vestige Beige dan Refined White.

Harga Asus ZenBook S13 OLED di indonesia dipatok di angka Rp 20.299.000 dan sudah tersedia di sejumlah toko offline dan online mitra Asus di seluruh Indonesia.

Baca juga: Laptop Asus Zenbook 14X Space Edition Resmi di Indonesia, Harga Rp 27 Juta

Asus ZenBook S 13 OLED (UM5302) resmi dipasarkan di Indonesia dengan harga Rp 21 juta. Laptop berukuran 13,3 inci dengan layar OLED ini memiliki bobot sangat ringan, 1,1 kg.Kompas.com/BILL CLINTEN Asus ZenBook S 13 OLED (UM5302) resmi dipasarkan di Indonesia dengan harga Rp 21 juta. Laptop berukuran 13,3 inci dengan layar OLED ini memiliki bobot sangat ringan, 1,1 kg.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com