Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/11/2022, 18:15 WIB
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - Bertahun-tahun, Microsoft Excel dikenal sebagai program yang dapat membantu pengolahan data secara matematis. Fitur-fitur yang ditanamkan pada program ini mampu mengolah berjuta data angka dan memberikan hasil yang akurat.

Akan tetapi, Microsoft Excel tidak serta merta memiliki beragam fitur seperti saat ini. Setiap tahunnya, bagian dari perangkat lunak Microsoft Office ini mengalami pembaharuan. Berikut KompasTekno telah merangkum sejarah Microsoft Excel.

Baca juga: Microsoft Office Pensiun, Bagaimana Nasib Ms Word, Excel, dan PowerPoint?

Sejarah Microsoft Excel

Excel merupakan bagian dari Microsoft office yang paling unggul dalam hal mengolah data dan angka. Pengguna dapat mengubah angka menjadi informasi berguna yang dapat diterapkan untuk kebutuhan pribadi maupun profesional.

Program ini juga dapat digunakan untuk presentasi grafis data dan model analitik melalui grafik, bagan, diagram, dan histogram.

Selain itu, dengan adanya fitur rata-rata, simpangan baku, bilah kesalahan pada grafik, kecocokan linier, dan analisis multivariat, Excel juga dapat digunakan untuk kebutuhan statistik.

Melalui bantuan VBA, Excel mampu melakukan fungsi dan rumus yang diperintahkan. Tentunya kemampuan ini sangat berbeda dengan fitur yang dimiliki oleh Google Spreadsheet.

Peluncuran pertama

Microsoft Excel pertama kali diluncurkan pada tahun 1985 oleh Microsoft Corporation. Program ini pertama kali dikenal sebagai aplikasi sistem spreadsheet yang dapat mengatur data dalam kolom dan baris.

Bersaing dengan Lotus 1-2-3

Peluncuran program ini, bersaing dengan Lotus 1-2-3 yang pertama kali dijual oleh Lotus Development Corporation pada tahun 1982. Akan tetapi, Microsoft Excel tetap bersaing dengan memberikan fitur penampil grafik yang kuat dan pemrosesan yang cepat pada versi pertama.

Peluncuran untuk Windows

Jika pada versi pertama hanya diluncurkan untuk komputer Macintosh Apple Inch, pada tahun 1987 Excel menjalankan programnya pada sistem operasi Windows. Pada versi ini, pengguna dapat mengubah font dan menggambar grafik.

Baca juga: Cara Menautkan File Excel ke Microsoft PowerPoint

Kepopuleran Microsoft Excel

Aplikasi spreadsheet banyak digunakan pada pertengahan tahun 1990-an dengan peningkatan versi yang menampilkan fitur baru seperti bilah alat, kerangka gambar, bagan 3D, dan berbagai fitur otomatis lainnya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.