Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/11/2022, 11:30 WIB

KOMPAS.com - Layanan percakapan instan Google Hangouts resmi disetop. Setelah Google menyetop layanan Hangouts di platform Android dan iOS pada awal 2022, kini Hangouts versi web bakal disetop pada November atau akhir tahun ini.

Dengan demikian, layanan Google Hangouts resmi dihentikan di semua platform. Hal ini disampaikan Google dalam sebuah pengumuman yang tertulis di laman Google Chat Help.

"Mulai 1 November 2022, Hangouts di web tidak akan tersedia lagi," tulis Google. Sebagai gantinya, Google mengajak pengguna untuk migrasi ke Google Chat yang kini sudah terintegrasi dengan layanan Gmail. 

Baca juga: Google Hangouts Resmi Pensiun, Aplikasi Mulai Dihapus dari AppStore dan Play Store

Situs hangouts.google.com sebenarnya masih bisa dibuka. Namun ketika pengguna mengakses layanan, mereka bakal dialihkan (redirect) ke layanan Google Chat.

Pantauan KompasTekno, Rabu (2/11/2022), situs web hangouts.google.com belum me-redirect kami ke layanan Google Chat, sehingga kebijakan tersebut mungkin bakal efektif dalam beberapa waktu ke depan.

Nah, bagi pengguna yang masih bisa mengakses situs web Hangouts, mereka bakal disuguhkan dengan sebuah jendela pengumuman yang menyatakan bahwa website tersebut tidak akan berfungsi lagi 1 November 2022.

Kemudian, pengguna juga bakal diajak beralih ke layanan Google Chat melalui tombol "Go to Google Chat", sebagaimana ilustrasi gambar berikut ini.

Imbauan di situs Google Hangout untuk beralih ke Google Chat.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Imbauan di situs Google Hangout untuk beralih ke Google Chat.

Google mengatakan bahwa sejumlah percakapan dari Hangouts akan otomatis dipindahkan ke Chat, namun tidak seluruh pengguna kebagian fitur migrasi riwayat percakapan ini. 

Baca juga: Fitur Baru “Comunity Chats” di Messenger Serupa Discord

Bagi pengguna yang tidak kebagian, begitu juga mereka yang ingin mencadangkan data Hangouts, mereka bisa menggunakan layanan Google Takeout untuk mengunduh seluruh data Hangout mereka, termasuk data riwayat percakapan.

"Jika Anda ingin menyimpan data Hangouts, sebaiknya gunakan Google Takeout dan unduh salinannya sebelum 1 Januari 2023, waktu di saat data Hangouts akan dihapus," jelas Google.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.