Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Hangouts Resmi Pensiun, Ini Gantinya

Kompas.com - 02/11/2022, 11:30 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Layanan percakapan instan Google Hangouts resmi disetop. Setelah Google menyetop layanan Hangouts di platform Android dan iOS pada awal 2022, kini Hangouts versi web bakal disetop pada November atau akhir tahun ini.

Dengan demikian, layanan Google Hangouts resmi dihentikan di semua platform. Hal ini disampaikan Google dalam sebuah pengumuman yang tertulis di laman Google Chat Help.

"Mulai 1 November 2022, Hangouts di web tidak akan tersedia lagi," tulis Google. Sebagai gantinya, Google mengajak pengguna untuk migrasi ke Google Chat yang kini sudah terintegrasi dengan layanan Gmail. 

Baca juga: Google Hangouts Resmi Pensiun, Aplikasi Mulai Dihapus dari AppStore dan Play Store

Situs hangouts.google.com sebenarnya masih bisa dibuka. Namun ketika pengguna mengakses layanan, mereka bakal dialihkan (redirect) ke layanan Google Chat.

Pantauan KompasTekno, Rabu (2/11/2022), situs web hangouts.google.com belum me-redirect kami ke layanan Google Chat, sehingga kebijakan tersebut mungkin bakal efektif dalam beberapa waktu ke depan.

Nah, bagi pengguna yang masih bisa mengakses situs web Hangouts, mereka bakal disuguhkan dengan sebuah jendela pengumuman yang menyatakan bahwa website tersebut tidak akan berfungsi lagi 1 November 2022.

Kemudian, pengguna juga bakal diajak beralih ke layanan Google Chat melalui tombol "Go to Google Chat", sebagaimana ilustrasi gambar berikut ini.

Imbauan di situs Google Hangout untuk beralih ke Google Chat.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Imbauan di situs Google Hangout untuk beralih ke Google Chat.

Google mengatakan bahwa sejumlah percakapan dari Hangouts akan otomatis dipindahkan ke Chat, namun tidak seluruh pengguna kebagian fitur migrasi riwayat percakapan ini. 

Baca juga: Fitur Baru “Comunity Chats” di Messenger Serupa Discord

Bagi pengguna yang tidak kebagian, begitu juga mereka yang ingin mencadangkan data Hangouts, mereka bisa menggunakan layanan Google Takeout untuk mengunduh seluruh data Hangout mereka, termasuk data riwayat percakapan.

"Jika Anda ingin menyimpan data Hangouts, sebaiknya gunakan Google Takeout dan unduh salinannya sebelum 1 Januari 2023, waktu di saat data Hangouts akan dihapus," jelas Google.

Google Chat lebih kaya fitur

Sebelumya, Ravi Kaneeganti, Product Manager Google Chat, mengatakan bahwa salah satu alasan pengalihan layanan Hangout ke Chat adalah karena Chat memiliki sejumlah fitur yang tak dimiliki oleh Hangouts.

Di antaranya adalah berbagai fitur yang memudahkan pengguna untuk berkolaborasi, seperti mengedit dokumen di Docs, Sheet, serta Spreadsheet.

"Google Chat juga menyertakan Spaces, tempat khusus untuk kolaborasi berbasis topik. Tim dapat berbagi ide, mengerjakan dokumen, dan mengelola file dan tugas, semuanya dari satu lokasi," ungkap Ravi beberapa waktu lalu.

Ilustrasi laman ajakan Google di aplikasi Hangouts untuk beralih ke Google Chat atau Gmail.Kompas.com/Bill Clinten Ilustrasi laman ajakan Google di aplikasi Hangouts untuk beralih ke Google Chat atau Gmail.

Terlebih, layanan Chat juga kini digabung dengan layanan Gmail, sehingga semua yang dilakukan pengguna via layanan Google, seperti Docs dan Sheet tadi, akan lebih terintegrasi di satu tempat.

Sejak 2017

Google sendiri ingin memensiunkan layanan Hangouts sejak 2017. Kala itu, Google mengumumkan rencana untuk menutup layanan chatting Hangouts, dan beralih ke layanan Google Chat dan Google Meet.

Baca juga: 2 November, Google Meet Batasi Grup Video Call 60 Menit untuk Pengguna Gratis

Tahapan pertama penutupan layanan Hangouts dimulai perlahan, dengan mengalihkan pengguna Hangouts di layanan Google G Suite (layanan cloud, produktivitas, dan kolaborasi dari Google).

Nah, berselang hampir lima tahun, Google baru benar-benar mulai menghapus Hangouts secara perlahan dari toko aplikasi.

Bila kilas balik ke belakang, layanan Google Hangouts sendiri telah menemani pengguna sejak 11 tahun lalu, tepatnya pada 2011. Pada saat itu, Hangouts diperkenalkan sebagai fitur yang tersemat pada Google Plus.

Hangouts menjadi aplikasi mandiri (standalone) dimulai sejak 2013. Ketika itu, Hangouts dapat diandalkan pengguna Google untuk mengirim pesan instan dan melakukan panggilan video (video call).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com