Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cek Channel TV Digital lewat Ponsel

Kompas.com - Diperbarui 03/11/2022, 07:32 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Penghentian siaran televisi analog (Analog Switch Off/ASO) dipastikan akan berlaku mulai hari ini, 2 November 2022. Namun, proses penghentian siaran TV analog akan dilakukan secara bertahap.

Bagi masyarakat yang sudah memiliki TV digital atau set top box (STB) untuk menangkap siaran TV digital, bisa lebih dulu mengecek jangkauan sinyal di daerahnya. Cara mengecek channel TV digital apa saja yang diterima di masing-masing wilayah, bisa dilakukan lewat aplikasi SinyalTVDigital.

SinyalTVDigital merupakan aplikasi resmi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk mengecek jangkauan sinyal TV digital di Indonesia, termasuk mengecek ketersediaan channel TV Digital di wilayah Anda. Aplikasi ini bisa diunduh dan diinstal gratis di perangkat Android maupun iOS.

Baca juga: Apakah Semua TV LED Merupakan TV Digital? Begini Penjelasannya

Masing-masing daerah kemungkinan akan mendapatkan channel TV digital yang berbeda-beda. Berikut cara mengecek channel TV digital lewat ponsel melalui aplikasi SinyalTVDigital.

Cara cek channel TV digital lewat ponsel

  • Unduh dan instal aplikasi sinyalTVdigital di Play Store (Android) atau App Store (iOS).
  • Sebelum menggunakan aplikasi, pastikan Anda telah mengaktifkan fitur “lokasi” pada ponsel.
  • Buka aplikasi sinyalTVdigital.
  • Klik ikon “bidik” yang berada pada sisi tengah bawah.
  • Ikon ini berguna untuk mendeteksi lokasi pengguna lebih akurat.
  • Nantinya pengguna akan melihat informasi mengenai lembaga penyiaran multipleksing (mux) yang menjangkau tempat tinggal Anda. Misalnya saja, wilayah tempat tinggal pengguna dijangkau oleh pemancar (transmitter) dari TVRI.

Cara cek jangkauan sinyal TV Digital lewat aplikasi SinyalTVDigital.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Cara cek jangkauan sinyal TV Digital lewat aplikasi SinyalTVDigital.

  • Klik “see mux detail” untuk melihat informasi detail mengenai sinyal TV Digital di daerah Anda. Informasi tersebut biasanya mencakup kekuatan sinyal, jenis layanan, operator mux, frekuensi/channel, dan lainnya.
  • Adapun jika wilayah tersebut memiliki sinyal yang kuat maka akan ditandai dengan legenda warna merah di peta. Jika legenda berwarna hijau-kuning maka kekuatan sinyal sedang dan untuk abu-abu atau biru mengartikan sinyal lemah.
  • Kemudian klik ikon “galeri” di sisi kanan bawah layar. Anda akan melihat daftar lengkap konten siaran TV Digital yang bisa disaksikan di televisi Anda.

Cara melihat daftar konten siaran TV Digital di wilayah Anda lewat aplikasi SinyalTVDigital.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Cara melihat daftar konten siaran TV Digital di wilayah Anda lewat aplikasi SinyalTVDigital.

Baca juga: Apakah Semua Smart TV Bisa buat Nonton Siaran TV Digital? Begini Penjelasannya

Pakai TV Digital atau STB

Perlu diperhatikan, agar bisa menikmati siaran TV digital, masyarakat harus memastikan bahwa televisinya sudah bisa menangkap sinyal TV digital. Cara mengecek apakah televisi sudah digital atau belum, bisa dilakukan sesuai langkah di artikel berikut.

Apabila televisi tidak masuk dalam daftar, artinya TV Anda belum bisa menangkap sinyal digital. Dengan demikian, Anda harus membeli alat tambahan yakni STB atau digital box TV yang sudah mendukung DVB - T2 (Digital Video Broadcasting - Second Generation Terrestrial), standar TV digital di Indonesia.

Baca juga: 5 Smart TV Murah buat Nonton Siaran TV Digital Tanpa STB, mulai Rp 1 Juta-Rp 2 Jutaan

Dekoder STB TV digital tersebut dibutuhkan karena alat ini bisa mengubah sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat ditampilkan di TV analog biasa. Sebelum membeli, simak dulu tips memilih STB yang tepat di artikel berikut.

Anda juga bisa melihat rekomendasi set box TV digital yang dibanderol mulai Rp 100.000-an di artikel berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com